April 15, 2017 thumb Cara Mendeteksi Berita Hoax

mungkin akhir-akhir ini kita sudah sebal dengan banyaknya berita Hoax yang menyebar. bahkan kita jadi bingung mana berita yang benar dan mana berita yang bohong. tidak hanya itu, kadang sebuah berita yang menyatakan bahwa sebuah berita itu hoax, ternyata berita itu sendirilah yang Hoax atau biasa saya sebut Hoax Recursive.

tapi adakah cara supaya kita bisa mendeteksi apakah sebuah berita itu Hoax ataukah memang benar. berikut ini adalah cara untuk mendeteksi apakah sebuah berita itu Hoax atau tidak.

  • Cek Headlines : jangan sering melakukan click pada berita dengan headline yang fantasitis. rata-rata berita hoax di mulai dengan sebuah headlines yang luar biasa “Mind Blowing“. terkadang kita harus bersikap skeptis pada sebuah headline. jika headline berupa berita yang sangat luar biasa, sepertinya memang hoax.
  • Sumber : coba cek sumbernya, kadang-kadang berita yang bombastis hanya bersumber dari ucapan satu atau dua orang saja, tetapi dibuat seolah keseluruhan. misalnya “Warga Khayangan siap mati membela Paslon nomor 120“. padahal bukan seluruh warga khayangan, setelah di cek ternyata cuma 1 atau 2 orang saja, yang mana tidak mewakili semua warga. inilah yang biasanya dimainkan para media, membuat sebagian seolah seluruhnya (Part pro toto).
  • Foto : lihat baik-baik foto, jangan asal pecaya dengan foto. sebuah berita bohong terkadang menggabungkan beberapa foto yang tidak relevan. kadang ada juga foto kejadian lain yang dibuat – buat seolah itu adalah kejadian yang sesuai cerita berita tersebut, padahal itu kejadian lain. misalnya, klaim tentang “Jutaan Pendukung Paslon X memadati jalanan” padahal setelah di cek ternyata itu adalah foto kejadian yang lain yang terjadi diwaktu yang berbeda, cuma kebetulan ada yang sama. untuk mendeteksi apakah sebuah foto itu adalah foto asli, ataukah hanya editan, ataukah foto tersebut asli tapi untuk kejadian yang lain. bisa menggunakan Tiny Eye Reverse. cukup upload foto tersebut dan Tiny Eye Reverse akan mencari sumber foto berdasarkan kemunculanya yang pertama. dengan cara seperti ini, kita dapat mengetahui foto tersebut sebenarnya adalah foto untuk kejadian apa.
  • URL : lihat baik – baik URL dari web tersebut. kadang memang ada sebuah website yang sering mengeluarkan berita-berita bohong. kadang ada pula website yang tendensi ke hal tertentu. website yang baik adalah website yang membahas secara menyeluruh, baik yang pro dan kontra. baik dilihat dari sisi yang salah, maupun sisi yang benar. jika keseluruhan isi website tersebut rata-rata cenderung kepada suatu hal tertentu bisa kita pastikan website tersebut sudah tidak kredible dalam membawakan berita. triknya mungkin kita harus membaca beberapa artikel lain dari website tersebut (selain artikel yang kita baca tadi), jika ditemukan bahwa website tersebut cenderung ke hal tertentu, kemungkinan website itu sudah tidak kredible.
  • cek pengarang atau penulisnya : cek biografi penulisnya, jika biografi penulisnya tersebut adalah orang yang memang tendensi kepada hal tertentu, ada baiknya kita skeptis. cek pula bukti-buktinya, semisal foto, video dan lain-lain. selain itu untuk penulis-penulis yang tidak jelas siapa dia, juga bisa dipastikan bahwa kualitas tulisanya sangat meragukan.
  • lihat tanggalnya : berita bohong kadang tanggal dan waktunya tidak masuk akal.  atau bahkan mungkin tanggal dan waktunya telah diubah. atau mungkin kejadian lain yang sudah terjadi sejak lama sekali, tapi dibuat seolah-olah itu adalah berita baru.
  • Lihat website lain : sayangnya berita bohong ini kadang cepat sekali menyebar, mengalahkan kecepatan virus flu burung. kadang banyak para blogger yang hanya main copy paste dari satu sumber ke sumber lain. parahnya banyak pula yang tidak menyertakan sumbernya. jika kebetulan banyak sumber lain yang memang menurut anda kredible, mungkin berita itu benar. jika tidak ada, boleh dibilang memang itu berita bohong (sayangnya terkadang ada sebuah berita besar, tetapi tidak diberitakan pada media mainstream. memang ada kalanya media mainstream saat ini sudah tidak lagi netral ).
  • Tanyakan ke Orang : jika kebetulan punya saudara, teman atau rekan yang kebetulan tinggal tidak jauh dari tempat kejadian. mungkin bisa ditanyakan tentang kebenaran berita tersebut. tanyakan apakah diamelihat sendiri ataukah hanya bersumber dari sumber yang tidak jelas (semacam broadcast BBM, Whats Apps dll).
  • Cari Berita Oposisi : kebanyakan berita Hoax akan segera dibantah oleh berita lain, carilah berita oposisi dari berita tersebut. dengan cara seperti ini kita bisa melihat secara utuh, dan bisa menentukan secara logis mana yang merupakan Hoax dan mana yang bukan.
  • Format yang Amburadul : kebanyakan berita bohong memiliki format yang kacau balau karena ditulis oleh orang yang memang tidak bertanggung jawab. banyak kesalahan kosa kata, juga bisa merupakan pertanda bahwa berita tersebut bohong. media yang kredible tentu akan memiliki orang-orang terpelajar yang bekerja dibagian editor.
  • kadang-kadang ada sebuah website yang memang menuliskan berita bohong untuk candaan, website semacam posronda.net, 9gag.com memang meberitakan berita bohong dengan tujuan humor atau satir (sindiran). jika kebetulan demikian, ya memang harap maklum.
  •  kadang memang beberapa cerita yang memang dibuat palsu, untuk itu kita harus berhati-hati. bacalah dengan hati-hati, sebelum menekan tombol share. jangan sampai kita juga ikut-ikutan menjadi penyebar berita bohong.

oke mungkin demikian yang bisa saya share. semoga bermanfaat , terkadang kita memang harus bijak dalam membaca sebuah berita. jangan asal share. ada sebuah pepatah mengatakan. “di internet, tidak akan ada yang tahu walaupun anda adalah seekor anjing sekalipun”. berhati-hatilah dalam membaca dan melakukan share berita, dan mari kita buat internet menyenangkan seperti dulu lagi. Okey Donkey.

Comments

total comments