March 24, 2013 thumb Cara Mencegah Gallery Men-Scan Folder di Hp Android

mungkin beberapa user android pernah mengalami hal seperti ini, ketika menginstall aplikasi yang mendownload gambar utnuk di cache atau menginstall aplikasi yang mana mendownload resource gambar dari internet dan disimpan sebagai file terpisah, maka gambar2 tersebut akan muncul pada gallery, jika satu atau dua folder mungkin tidak masalah, namun bagaimana kalau ada banyak folder, tentu gambar yang kita ingin tampilkan di gallery akan bercampur dengan gambar yang tidak ingin tampil di galley, seperti icon misalnya. trus gimana solusinya mengatasi supaya Media Scanner android tidak men-scan folder tertentu. hm… berikut ini caranya.

Cara 1 – Skip dengan File bernama .Nomedia

perlu dilakukan adalah dengan menambahkan sebuah file .nomedia pada directory tersebut sehingga nantinya media scanner tidak akan lagi melakukan scan pada folder tersebut (skip).  untuk melakukanya anda dapat menggunakan bantuan File Explorer seperti Astro File Manager atau File Expert. kemudian tuju dimana folder yang ingin di hidden. copy sebuah file dan rename menjadi .nomedia, kemudian restart Android anda, dan fuala, folder tidak lagi muncul di Gallery.

jika anda kesulitan anda dapat melakukan tahapanya sebagai berikut :

  • tuju folder yang ingin di skip.
  • Copy sebuah file disana, anda dapat menggunakan sebuah file berekstensi .txt.
  • kosongkan isi file tersebut, kemudian simpan.
  • rename menjadi “.nomedia” seperti gambar disamping.

dengan cara ini folder yang bersangkutan tidak lagi di scan oleh media manager.

.nomedia

Nomedia

Cara 2 – Tambahkan dot[.] didepan nama file

android merupakan OS linux yang dimodifikasi sedemikian rupa, karena linux, tentu aturan-aturan dasar di Linux juga berlaku disini, seperti Hidden File dan Folder. pada OS Linux, untuk menyembunyikan sebuah File atau Folder kita cukup menambahkan dot (.) didepan nama file tersebut. misalnya nama filenya adalah “Kuliahku“, jika dirubah menjadi “.Kuliahku” maka folder yang bersangkutan akan dianggap hidden dan oleh media scanner akan di skip dari proses scanning.

dot-prefix

Dot Prefix

Cara 3 – Menggunakan Super Manager atau .Nomedia Manager

jika anda mau menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Super Manager dan .Nomedia Manager, anda dapat melakukanya dengan mudah. pada dasarnya aplikasi ini hanya memberikan sebuah file .nomedia seperti cara sebelumnya pada area-area yang dikehendaki untuk dihidden. sehingga user biasa hanya tinggal melakukan tap pada folder yang diinginkan. salah satu aplikasi yang yang bergenre “.Nomedia Manager” adalah StudioKUMA .nomedia Manager. berikut ini adalah tampilanya.

Super-Manager-media-scanning-disabled.nomedia-Manager

Ok demikian sharing yang bisa saya tulis kali ini, lain kali akan saya share tulisan saya yang lain, salam 😀

Comments

total comments