October 4, 2012 thumb Cara Mempercepat Koneksi Internet

Okay, kali ini saya mau sedikit sharing tentang bagaimana cara saya meningkatkan kecepatan koneksi internet di rumah. maklum, dengan bandwith seadanya menjadi hal maklum kalau koneksi internet lelet menjadi santapan setiap hari. tapi dengan sedikit trik, mari kita buat supaya koneksi internet kita sedikit banyak bertambah :D. ok sebelum mulai ada baiknya kita melakukan testing koneksi internet terlebih dahulu. silakan buka browser anda dan arahkan ke www.speedtest.net dan ke bandwithmeter (http://bwmeter.i2.co.id) , hasil dari kedua situs tersebut mungkin berbeda, hal ini dikarenakan server yang digunakan juga berbeda, mungkin server A lebih baik daripada server B, atau server A lebih sedang lebih sibuk dari server B. tapi dari kedua server tersebut, bandwith saya menunjukan 30%-40% lebih rendah dari yang seharusnya diterima (dari kuota internet provider saya). ini berarti kecepatan bandwith saya jelek. sehingga perlu dilakukan optimasi. berikut ini adalah tips-tips optimasi bandwith.

Gunakan DNS Tercepat : DNS atau Domain Name System merupakan komponen terpenting dalam  internet, DNS memberikan layanan berupa mengubah ip address menjadi nama domain. jika DNS yang digunakan lambat tentu saja proses pengubahan dari ip address ke nama domain juga menjadi lambat. walaupun ISP yang digunakan sudah menyediakan DNS secara gratis, banyak DNS gratis yang memberikan layanan yang lebih baik dari DNS yang disediakan ISP. untuk mencari DNS tercepat kita bisa menggunakan bantuan freeware bernama Name Bench yang bisa di download di http://code.google.com/p/namebench/. saat menggunakan aplikasi ini jangan sampai ada aplikasi lain yang juga ikut menggunakan internet, ini akan mempengaruhi hasilnya. setelah mendownload aplikasi ini, jalankan NameBench, dibagian NameServers masukan yang saat ini sedang dipakai, (jika tidak tahu buka command prompt  dan ketikan ipconfig /all  DNS lihat gambar).

Mengecek DNS server yang dipakaisetelah mengisikan NameServers-nya  klik start Benchmark. biarkan sampai selesai dan hasilnya akan ditampilkan rekomendasi DNS yang bisa dipakai, silakan ganti DNS server anda (caranya Control Panel -> Network and Sharing Center -> Pilih koneksi yang dipakai -> pada jendela yang muncul pilih properties -> klik dua kali pada internet protocol version 4 -> pilih opsi Use The Following DNS server addresses -> masukan alamat IP dari DNS yang direkomendasikan -> klik OK).
NameBench
Gunakan Toonel.net : jika anda menggunakan koneksi yang ditagih berdasarkan besarnya data seperti koneksi GPRS dan sistem Kuota, anda dapat menggunakan software ini. software ini melakukan tugasnya dengan melakukan kompresi pada data yang akan dikirim selain itu juga melakukan route ulang ke proxy third party yang tidak diketahui lokasinya. untuk menggunakan toonel, pastikan anda telah menginstall Java Runtime Environtment , walaupun sudah tidak dikembangkan lagi tool ini masih bisa di download di http://toolnet.net/download.html. setelah anda menjalankan toonel silakan setting proxy browser anda dengan toonel (ip : 127.0.0.1 dan port 8080), sebagai contoh saya menggunakan Firefox, klik menu tools->options->pilih tab Advanced ->klik Settings -> pilih opsi Manual Proxy Configuration -> di http proxy pilih dengan 127.0.0.1 an port 8080. beri centang pula pada Use This Proxy Server for All Protocols.
Hapus Batasan dari Windows : ada yang bilang bahwa koneksi internet kita dibatasi sebesar 20%, hal ini untuk kepentingan update otomatis windows 7 anda. untuk menghilangkan batasan tersebut ikuti langkah berikut, di kotak search ketikan gpedit.msc. pada jendela yang muncul arahkan ke direktori Computer Configuration ->Administrative Templates -> Network -> QoS Packet Scheduler. di jendela sebelah kanan klik dua kali pada Limit Reservable Bandwith. pilih Enabled dan beri nilai 0 pada Bandwith limit. klik OK dan restart PC anda.
Matikan Autotunning : langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan mematikan autotuning. pada jaringan baru, transfer data dimonitor dan di-tunning oleh OS untuk mengoptimalkan transfer packet, tetapi untuk jaringan yang lama tuning ini malah menghambat. untuk mematikanya buka Command Prompt, dan tulisakan #netsh interface tcp set global autotuning=disabled.
Tingkatkan DNS Cache : buka registry editor (klik start -> run -> ketik regedit), arahkan ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Dnscache\Parameters. pada jendela sebelah kanan klik kanan, pilih New->DWORD (32 bit) Value, beri key tersebut dengan nama CacheHashTableBucketSize. setelah itu klik dua kali dan beri nilai 1 pada value data. buat tiga key lagi dengan cara yang sama dan berik nama CacheHashTableSize dengan nilai 384, MaxCacheEntryTtlLimit dengan nilai 64000,  dan MaxSOACacheEntryTtlLimit dengan nilai 301. restart PC anda dan silakan test hasilnya.
Mengoptimalkan Koneksi Wireless : koneksi wireless adalah koneksi yang lemah, kenapa karena data dilewatkan ke udara yang mana banyak data lain yang berseberagan pula di udara plus rawan bentrokan data. koneksi wireless meliputi wireless router, wireless access point dan USB Modem yang pertama adalah posisi, seperti halnya antena (seringkan lihat iklan di TV ada orang pindah-pindahi posisi anterna untuk dapat gambar yang bagus) posisi wireless Device mempengaruhi peformanya, silakan diubah-ubah posisi antenanya sampai mendapat peforma yang paling baik. usahakan lokasi access point berada ditengah-tengah sehingga semua client yang terkoneksi mendapatkan peforma yang terbaik, lebih dekat dengan client tentu lebih baik, hindari penempatan Device dilokasi yang terhalang dengan benda lain seperti Lemari, Tembok. hindari pula penempatan dekat benda yang bersifat pemantulan  seperti kaca, metal dan Stainless Steel. hindari juga pemasangan wireless dekat dengan benda-benda lain yang bisa menghasilkan gangguan, seperti kipas angin, generator, dan pencahayaan denngan menggunakan flourescene. jauhkan juga dari benda-benda yang gelombang elektromagnetik seperti oven microwave, telepon cardless, monitor dan lain-lain, hal ini dikarenakan semua perangkat yang menghasilkan gelombang di jangkauan 2,4 GHz bisa menghasilkan tabrakan sinyal.
Update Driver dan Firmware : update ini berfungsi untuk memperbaiki bug yang ada dalam device anda untuk meningkatkan peforma dan reliability, atau bahkan menambhan fitur baru. gunakan pula menggunakan perangkat pada satu merk yang sama (router, modem, repeater dan access point) hal ini dikarenakn perangkat yang berada pada pabrikan yang sama memiliki kompatibilitas yang lebih baik daripada berbeda merk.
Tweak Browser anda : browser memiliki peranan penting dalam meningkatkan peforma browsing anda, jika browser yang anda gunakan mampu menggunakan pertukaran data dengan  efektif dan efisien maka dapat dipastikan aktivitas surfing anda menjadi lebih irit bandwith (kompresi) dan waktu (cepat). saat ini banyak sekali iklan-iklan yang bermunculan di setiap website yang kita kunjungi ,terkadang iklan-iklan tersebut cukup mengganggu karena selain menghabiskan bandwith, loading halaman juga menjadi lambat. lebih-lebihiklan-iklan yang menggunakan flash. jika anda merasa terganggu dengan iklan-iklan tersebut, cobalah untuk melakukan blocking pada iklan-iklan tersebut. tentang bagaimana cara melakukan blocking iklan-iklan tersebut sehingga tidak di load, anda bisa merujuk pada tulisan saya cara melakukan bloking banner dan mengirit bandwith internet. selain melakukan bloking pada iklan, pembersihan bookmark, meningkatkan kapasitas cache, mengurangi history dan membuang search engine yang tidak dipakai, akan meningkatkan kemampuan browser anda (kebanyakan kita hanya menggunakan google dan wikipedia saja untuk melakukan search).
demikian tulisan dari saya, jika anda tambahan silakan ditulisa dikomentar, salam goblooge 😀

Comments

total comments