September 23, 2018 thumb Cara Memotret dengan Kamera HP tapi bisa Sekelas DLSR

sebenarnya trik ini tidaklah selalu berhasil, tetapi kadang kala pada saat momen yang tepat dengan pencahayaan yang tepat, sebuah Kamera HP dapat memberikan kualitas photo yang bagus layaknya kamera DLSR. tentu dengan usaha yang tidak gampang, karena harus berjongkok-jongkok, tiarap-tiarap hanya untuk sekedar menghasilkan foto dengan kualitas yang bagus. berikut ini adalah tips untuk memotret foto dengan Kamera HP tapi memiliki kwalitas yang bagus, ya kalau tidak full sama dengan DLSR minimal mirip-mirip lah.

Cahaya Matahari

iyup, matahari adalah sumber cahaya yang paling pas untuk kamera foto anda, waktu yang paling tepat untuk melakukan foto adalah antara jam 06:00 sampai jam 09:00 pagi untuk foto outdoor pagi dan 15:00 – 17:00 untuk senja. kita memang tidak bisa berpaku pada patokan jam tersebut, kadang kala mengambil foto di siang hari juga bisa menhasilkan kualitas foto yang baik. tetapi idelanya pada jam-jam tersebut kita bisa menhasilkan foto dengan kualitas yang bagus. tentunya jika di dukung dengan kemampuan fotografer yang bagus pula.

Cahaya Matahari adalah segalanya, Tebak ini Pagi atau Sore ??? Cahaya Matahari adalah segalanya, Tebak ini Pagi atau Sore ???

Jangan Menggunakan Zoom

fitur zoom memang ada di setiap Kamera HP, tetapi fitur ini sebenarnya tak lebih hanya membesarkan hasil tangkapan kamera HP yang sudah dalam bentuk pixel, sehingga hasilnya akan pecah. kalau tidak percaya silakan saja di ambil gambar biasa tanpa zoom, kemudian ambil gambar dengan zoom, pada gambar yang biasa tnapa zoom, crop pada bagian atau area seperti pada gambar yang di zoom. maka hasilnya akan sama, karena sebenarnya zoom tak lebih melakukan crop saja pada area tertentu. kecuali anda menggunakan lensa bongkaran dimana zoom tidak  di proses secara digital melainkan analog menggunakan lensa.

Gunakan Stabilizer

tripod dan stabilizer memang cukup penting dalam dunia fotografi dengan menggunakan stabilizer gambar yang dihailkan akan lebih bagus dan tidak ada kesan blur akibat pergerakan tangan. harga tripod ada yang murah ada yang mahal, tetapi tripod yang harga sekitar 100 rebu saja sudah cukup bagus menurut saya.

Autofocus itu enak :D

Autofocus itu enak 😀

Gunakan Auto focus

kalau ini sih saya rasa semua sudah paham , cukup dengan sekali klik maka fokus dapat disesuaikan secara otomatis. HP jaman sekarang rata-rata sudah mendukung autofocus hanya dengan sekali touch.

Jangan Pakai Flash kecuali kurang cahaya

jika anda memang melakukan foto ditempat yang gelap dan kurang cahaya, maka bolehlah pakai flash, tetapi jika sudah cukup cahaya, flash kamera HP malah akan merubah susunan warna dan kontras dari object yang kita foto. usahakan tidak menggunakan flash waktu melakukan pemotretan.

Sudut Pandang

carilah sudut pandang yang unik dan nyentrik, hal ini bisa dipelajari dari berbagai master atau dengan cukup melihat bagaimana para fotogreafer professional mengambil sudut dari foto. tentu cara ini boleh menggunakan trial error, karena memang banyak sudut pandang yang bisa dipilih.

Sudut pandang yang bagus diambil dengan trial error.

Sudut pandang yang bagus diambil dengan trial error.

Teruslah Berlatih

memang tidak ada kemampuan yang bagus tanpa adanya latihan. jadi teruslah berlatih, minta pendapat kawan, bergabung diberbagai group dan bacalah berbagai tulisan tentang fotografi, dengan demikian wawasan semain terasah. dan kemampuan pun bisa meningkat.

Teruslah Berlatih, dan carilah makna dalam sebuah foto

Teruslah Berlatih, dan carilah makna dalam sebuah foto

oke demikian yang bisa saya sharing, sekedar info, saya bukan fotografer dan gambar yang saya share disini adalah gambar foto dengan menggunakan HP Xiaomi Redmi 5+ milik saya sendiri, dan saya ambil foto dipagi hari sekitar jam 06:00-07:00 karena jam 07:30 saya harus stand by di depan komputer :D. silakan disimpulkan sendiri pakah jelek atau tidak :D. salam goblooge.

Comments

total comments