August 25, 2012 thumb Cara Memelihara Laptop, Notebook dan Netbook

Hum… akhirnya Setelah sebulan penuh nggak pernah nulis, akhirnya keturutan juga untuk menulis ‘sesuatu’. Oke kali ini saya akan berbagi cerita tentang bagaimana merawat laptop, Notebook dan Netbook apapun merk-nya, karena saya memang  tidak sedang beriklan. tulisan ini didasarkan atas pengalaman pribadi saya selama betahun-tahun ( L-ebay :D ). pada ulasan ini saya fokuskan bagaimana merawat Hardware, mari kita ulas satu-per-satu hal-hal kecil yang mengakibatkan Laptop, Notebook atau Netbook (saya singkat LNN ) anda cepat kembali ke Rahmat Khanif, eh salah, Ramatullah…. hehehe… ( @mas_khanif : Peace om ).

  1. Memakai LNN diatas Kasur : mungkin enak kali ya pakai LNN diatas kasur, sambil leyeh-leyeh enak tenan, kita bisa ber browsing ria di internet, mengetik dll. tapi tahukah, jika  kita meletakan LNN diatas kasur. panas yang dihasilkan oleh LNN terperangkap dan tidak bisa keluar, hal ini disebabkan karena lubang-lubang ventilasi di LNN tertutup oleh kasur, lebih-lebih oleh bantal. jika yang terjadi selalu demikian, bisa dipastikan umur dari LNN tidak akan lebih dari 6 bulan (saya mendapati teman tiga orang teman saya gonta-ganti LNN kurang lebih 6 bulan, karena dia terlalu sering memakai LNN di atas kasur). kalau menurut saya, tempat terbaik untuk memakai LNN adalah diatas lantai keramik tanpa alas, mengapa ? keramik lebih dingin dari kasur, sehingga panas dari LNN dapat diredam.
  2. Merias LNN biar Keren : sudah bukan rahasia lagi, kebanyakan dari kita para alayer, kalau beli LNN baru, biar nge-jreng dan beda sama punya teman, kita akan merias LNN kita habis-habisan, mulai dengan memasang pernak-pernik di keyboard, pelapis anti air di keyboard, anti gores di dilayar, skin di bagian depan laptop dll. kenapa nggak sekalian pasang anti peluru biar tuh LNN multifungsi, kalau-kalau ada nodongin pistol kan bisa di pake untuk perlindungan. Pernak-pernik yang dijual dipasaran tidak didesain untuk menhantarkan panas, sehingga panas akan terperangkap di dalam LNN. jika Jumlah pernak-pernik yang dipakai terlalu banyak, ya usia LNN tidak akan berumur panjang. untuk itu lebih baik gunakan desain asli dari pabrikan, alias biarkan apa adanya, selain lebih awet juga mengirit duit, pihak produsen tentu sudah mempertimbangkan bahan apa yang mereka gunakan untuk produk mereka dengan mempertimbangan kekuatan dan juga kemampuan menghantarkan panas.
  3. Memakai LNN dalam Softcase : kita mungkin sering melihat seseorang yang saking protektifnya pada LNN-nya (Maklum, Barang Mahal kali), mereka memakai atau menyalakan LNN, padahal masih berada dalam Softcase. ini sama saja dengan memanasi LNN terus dikurung di ruang tertutup, ya wal hasil, panas ndak bisa keluar, lebih-lebih bisa membuat beberapa komponen dalam LNN jadi meleleh, kalau sudah meleleh. tukang service manapun ndak akan bisa memperbaiki kecuali ganti komponen.
  4. Memakai LNN di atas lutut : sama dengan kasur, lutut kita juga bukan bahan konduktor panas. selain bisa merusak kesehatan alat reproduksi (betulan yg ini, coba di googling, gelombang Elektromagnet yg dihasilkan LNN, dapat merusak tubuh kita jika terjadi terus-menerus dalam jangka waktu lama), juga bisa merusak LNN.
  5. Ikuti Buku Petunjuk : Buku petunjuk penggunaan LNN merupakan cara terbaik untuk merawat komputer anda. tentu saya tidak akan membahas detail mengenai buku petunjuk, karena setiap LNN memiliki buuk petunjuk sendiri-sendiri. cukuplah dengan mengikuti buku petunjuk insya Allah LNN anda akan lebih tahan lama.
  6. Mem-Forsir LNN : iya, maksud dari memforsir LNN adalah menjalankan program-program berat yang tidak seharusnya dijalankan di LNN, misalnya Netbook dengan Intel Atom dipakai untuk main Game Assassins Creed : Revelation. ya ibarat anak bayi dipaksa untuk jadi kuli batu, sudah barang tentu LNN anda akan cepat menemui ajal.
  7. Terlalu Banyak Menyimpan Film ‘Cukup Umur’ di LNN : riset saya lakukan, LNN yang terlalu banyak menyimpan film ‘cukup umur’ lebih cepat rusak :D . (yang ini intermezzo doang om, bener ndaknya saya juga ndak tahu, kuwalat mungkin ya… why so serious :).

Ok demikian pengalaman Pribadi yang sering saya jumpai mengenai kebiasaan-kebiasaan orang yang harus dibenahi saat menggunakan LNN (Laptop, Notebook dan Netbook), lalu bagaimana dengan PC atau Komputer Desktop ? lain kali akan saya posting bagaimana memelihara PC/Desktop. kalau untuk HP gimana ? kalau HP silakan melihat-lihat postingan saya yang lama, insya Allah ada tips merawat Android dan Blackberry. akhir kata, karena ini memang pengalaman Pribadi, anada boleh setuju boleh tidak setuju, jika punya tips-tips menarik, silakan sekalian di share kesini. tulisan ini saya dedikasikan untuk adhek sepupu saya yang baru beli laptop baru, Salam Goblooge :D

Comments

total comments