August 26, 2018 thumb Cara Membuat Foto Produk untuk Online Shop

ya memang sebagai pembeli kita kadang ketipu dengan gambar untuk itu ada baiknya untuk membaca lengkap deskripsi dari barang tersebut. dan sebagai pemilik Oline Shop kita juga harus pinter-pinter untuk majang gambar supaya terkesan mewah dan tetapi tidak mengecewakan pembeli.

dari sekian banyak pembaca di blog saya beberapa ada yang ingin membahas tentang gimana sih caranya broh untuk membuat foto produk yang bagus untuk kebutuhan Online Shop saya, soalnya sering kena protes karena gambar menipu padahal gambar saya jepret asli pakai kamera sendiri. tapi sering kena semprot kalau gambar menipu dst.

sebenarnya teknik memfoto produk ini adalah tugaas dari para anak-anak fotografer dan desain. mereka pasti tahu bagaimana mengambil sudut dan penataan foto sebaik mungkin, jika produk anda memang produk mahal memang harus mencari fotografer agar hasilnya bagus, tapi bagi yang online shop dengan budget pas-pasan mana cukup buat hire fotografer, mungkin sedikit ilmu ini bisa bermanfaat.

kesalahan terbesar dari pengambilan foto produk adalah ukuran, yang kadang memang menipu, kebanyakan calon pembeli sama sekali tidak melihat deskripsi, mereka hanya melihat gambar yang pada akhirnya meresa tertipu dan memberi rating rendah untuk online shop kita. sehingga gambar haruslah menceritakan ukuran aslinya, tentu bukan dengan menggunakan angka-angka tapi menggunakan bahan pembanding lain.

sebagai contoh gambar dibawah ini adalah contoh gambar yang jelek karena elemen ukuran tidak masuk disana.

Contoh Gambar yang buruk

Contoh Gambar yang buruk

sebagai contoh kita ini, sebuah gambar produk lumpia yang saya beli di depan rumah (saya nggak jual lumpia mas), dalam gambar ini sama sekali tidak ada unsur atau elemen apapun sehingga orang bingungm itu sebenarnya lumpianya besar-besar atau kecil – kecil, bisa saja mindset orang mengatakan ukuran lumpia ini besar-besar, tapi orang lian akan mengatakan lumpia ini kecil-kecil. sedangkan ukuran cabe bisa saja berbeda-beda, akan lebih baik jika menggunakan element pembanding universal, misalnya uang atau koin. coba lihat gambar berikut ini.

dengan meletakan uang disamping maka orang tidak akan salah persepsi.

dengan meletakan uang disamping maka orang tidak akan salah persepsi.

uang adalah salah satu contoh elemen pembanding universsal anda bisa gunakan KTP, uang koin atau elemen lain yang mudah didapat dengan cara seperti ini orang tahu bahwa ukuran lumpia tersebut kira-kira panjangnya sama dengan uang kertas dan lebarnya separuh uang kertas. orang tidak akan salah persepsi. sebagai catatan, untuk nilai uangnya kenapa saya pilih 20.000 karena total keseluruhan harga ini adalah 20.000 ribu, jangan sampai meletakan uang 1.000 karena harga per biji 1.000 orang akan mengira lumpia sebanyak ini harganya cuma 1.000. pastikan nilai uangnya sama dengan harga yang ditawarkan jika memang ingin menggunakan elemen uang. jika memang elemen uang tidak cocok boleh pakai elemen lain yang ukuranya universal sepertiĀ  KTP, SIM, atau botol lain seperti botol kecap ABC ukurang tanggung, orang akan mudah mengira-ngira ukuran sehingga tidak terkesan menipu.

Model Lain dengan uang 1000

Model Lain dengan uang 1.000

contoh lain menggunakan uaang pecahan 1.000 , tentu saja saya menggunakan 1 biji lumpia agar orang tidak salah persepsi. dengan cara ini orang akan langsung bisa menebak berapa ukuranya dan sekaligus berapa harganya. tanpa membaca deskripsi sekalipun.

Jangan Hiraukan Kakinya bos

Jangan Hiraukan Kakinya bos

kesalahan lain adalah memotong foto produk secara tidak tepat. sebagai contoh diatas. gambar lumpia terpotong ini orang akan bingung, apakah gambar jualan lumpia itu sebenarnya lebih lebar lagi ataukah tinggal sedikit bagian yang terpotong, orang akan kesulitan menentukan ukuran asli lumpianya karena gambarnya terpotong. kita tidak tahu jangan-jangan gambar yang terpotong itu cuma sebagian kecil, atau jangan – jangan lumpia itu puanjang kekanan trus dipotong gambarnya separuh. hindari memotong produk seperti ini karena akan membingungkan.

Tambahkan Maskot

Tambahkan Maskot

maskot disini untuk menghindari supaya gambar anda tidak dibajak, contohnya saya menggunakan gambar pistol. taruhlah saya jualan lumpia Tjap Pistol dengan logo pistol dan warna sepert diatas. tentu saja anda boleh menggunakan maskot produk anda sendiri. misal gambar sampi, atau logo 3D dst. sehingga gambar anda tidak dapat dibajak oleh orang lain. oh iya untuk ukuran maskot pastikan sesuai ya, jangan overpsace seperti saya, yang penting mencakup isi maskot. biasanya orang akan menambahkan kertas bertuliskan Jono Ol Shop ini kurang pas, karena bisa saja diubah oleh orang lain, gunakan stiker logo milik anda, pesan di jasa pembuat stiker atau ngeprint sendiri boleh. supaya orang nggak gampang main edit foto anda.

Mainkan Viewing Angle

Mainkan Viewing Angle

viewing angle atau sudut pemotretan boleh diubah-ubah sesuai keinginan. tidak harus teak lurus, asalhkan elemen semuanya tercover. oh iya sediakan pula area kosong seperti contoh diatas, fungsi area kosong ini nantinya akan kita gunakan untuk menambahkan tulisan. tapi kalau memang tidak mau melakukan editing, bisa menggunakan kertas dengan tulisan hasil print atau tulis tangan yang mana menjelaskan deskripsi produk kita. kalau memang tulisa tangan anda lebih bagus dan nyeni sebaiknya gunakan tulisan tangan, ini akan membuat para pencuri image kesulitan untuk melakukan editing.

oke kira-kira demikian yang bisa saya share, silakan berkreasi, untuk sedikit sponsor saya tidak jualan lumpia , ini saya beli dari seorang kakek asongan yang tiap hari mampir depan rumah, kalau kebetulan ketemu, jangan lupa diborong ya lur, kasihan kakenya, udah renta tapi masih semangat kerja dan nggak mau ngemis. Oke Salam Goblooge.

Ini Kakeknya gan, diborong ya gan.

Ini Kakeknya gan, diborong ya gan.

Comments

total comments