November 21, 2016 thumb Cara Melakukan Root Android dengan Menggunakan VRoot, KingRoot atau IRoot

well, seperti kisah saya sebelumnya yang mana android saya terkena virus. yup, virus tersebut berhasil dinonaktifkan dengan cara melakukan root dan menghapus filenya. walaupun filenya tidak secara fisik terhapus setidaknya virus tersebut sudah tidak lagi aktif. kalau jaman saya kuliah dulu, awal-awalnya muncul Android. untuk melakukan Root sangat ribet sekali, harus install ClockWorkMod, nyari Stock ROM yang pas dan lain-lain. tapi sekarang untuk melakukan Root cukup dengan satu kali klik saja sudah bisa.

sebelum saya bahas tentang cara melakukan root. apa sih sebenarnya Root dalam android itu ? begini, android pada dasarnya adalah operating system linux yang dimodifikasi sedemikian rupa khusus untuk menjalankan Dalvik Virtual Machine (sebuah Java Runtime untuk menjalankan Aplikasi Android). jadi sebenarnya aplikasi android kita itu berada pada Virtual Machine, itu sebabnya ketika kita membeli HP android dengan RAM 2GB, pasti kalau di cek bukan 2GB asli melainkan 1.7 GB, nah yang 300 MB kenapa, dia dipakai di Linux Operating System-nya, sisanya diberikan ke Dalvik Virtual Machine (DVM). DVM memiliki akses ke seluruh folder Linux dan memodifikasi system, kecuali folder-folder atau perintah tertentu yang dianggap berbahaya ( folder system dan perintah mount misalnya). untuk mengakses folder system , ini hanya bisa dilakukan oleh admin, admin di linux namanya root. dan melakukan Root pada Android berarti kita akan buat supaya kita mengakses system, dimana kita bebas untuk memodifikasi system android. keuntungan dari memodifikasi system tersebut kita bisa buat suapaya android bekerja lebih efisien, mematikan berbagai service dan membuang apa-apa yang memang tidak kita butuhkan. kerugianya, kalau sampai salah modifikasi maka system akan rusak, dan kita harus install ulang, lebih-lebih garansi bisa hilang kalau sudah di Root.

jadi sebelum di root, silakan dipikirkan baik-baik dulu, saya tidak bertanggung jawab kalau HP pembaca jadi error atau  bahkan garansi hilang, silakan di coba dengan menanggung resiko sendiri. kalau ada yang mencoba tutorial ini dan HP-nya rusak terus menyalahkan saya. maka saya akan tertawa terbahak-bahak. Try With Your Own Risk.

sebagai contoh saya menggunakan Sony Experia Z Ultra sebagai test bed, dan semua berjalan lancar. oke lanjut, sekarang bagaimana caranya melakukan root di android dengan IRoot atau VRoot atau KingRoot.

  • pertama dan pasti Download dahulu di www.iroot.com. ukuran filenya kecil, dia ber-ekstensi .exe, setelah itu silakan di install seperti biasa.
  • setelah ter-install, siapkan kabel usb, dan colokan android anda ke komputer. kemudian jalankan aplikasi vroot atau irootsystem android akan mendeteksi adanya request. cukup klik connect.
Cukup Klik Connect

Cukup Klik Connect

  • jika kebetulan tidak langsung terdeteksi kemungkinan Debugable Mode belum diaktifkan. sialakn aktifkan dulu Developer Option, caranya buka Setting->About Phone pada bagian Build Number touch sebanyak 5 kali atau sampai ada notifikasi tentang Developer Mode. kalau sudah buka Setting->Developer Options->USB Debugging. aktifkan USB debugging. kemudian cabut kabel USB dan tancapkan lagi ke Komputer. kalau semua berjalan lancar iroot akan mendeteksi adanya Android yang terpasang di Komputer.
  • jika sudah terdeteksi, sangat mudah iroot akan mendownload driver dari android yang ada, kemudian akan menampilkan perintah bahwa system siap di root.
  • jika perintah system siap di root muncul. ya tinggal klik saja dan biarkan iroot bekerja.
  • tunggu beberapa saat android akan beberap kali restart tapi biarkan saja itu normal. dan setelah android beberapa kali restart, dan boom, android anda sudah ter root.
Proses Root Sedang Berjalan Tunggu Beberapa Saat.

Proses Root Sedang Berjalan Tunggu Beberapa Saat.

  • iroot akan memberitahu bahwa android anda sudah ter-root dan siap digunakan.
  • silakan di nikmati dan di explorasi.
iRoot Succes melakukan Rooting di Android.

iRoot Succes melakukan Rooting di Android.

oke demikian yang bisa saya share kali ini. ditulisan sebelumnya saya akan bahas beberapa cara atau metode untuk mengutak – atik android dengan vroot. dan mungkin akan saya explorasi bagaimana memodifikasi android anda.  oke sampai ketemu lagi di tulisan berikutnya Okey Donkey, Salam Goblooge.

Comments

total comments