June 10, 2012 thumb Cara Melakukan Blok Banner dan Mengirit Bandwith Internet

bagi sebagian orang mungkin internet itu sebuah kebutuhan, apalagi bagi seorang geek. tidak tanggung-tanggung terkadang ada orang yang selama hampir 18 Jam sehari, mentelengin komputer (* Pengalaman Pribadi) hanya untuk berinternet ria. lebih-lebih mereka yang suka mentelengin situs-situs joke atau forum seperti kaskus dan 9gag, tidak akan terasa berapa jam dan berapa megabytes bandwith yang telah mereka sedot.

salah satu penghabis bandwith adalah adanya iklan, terutama sekali flash, saya sendiri kadang berkunjung ke sebuah situs, hal yang paling menjengkelkan adalah saat melakukan load iklan padahal content belum di load. bagi anda yang menggunakan modem apapun merk-nya, apalagi yang berbasis kuota, jika anda cek pemakaian bandwith anda, saya yakin sebagian besar bandwith internet  anda akan habis karena iklan, kecuali jika anda suka mendownload film atau youtube :D.

untuk anda yang memang menginginkan supaya iklan di situs yang anda kunjungi itu lenyap ada sebuah tips yang mungkin bisa anda pakai, yaitu menggunakan tool yang bernama adblock tool ini cukup yahud dalam mengatasi iklan yang menganggu, selain irit bandwith juga koneksi menjadi semakin cepat. sayangnya browser yang di-support oleh tool ini setahu saya masih firefox sama google chrome. OK kita mulai :

  1. langkah pertama silakan download adblock, untuk versi firefox  atau google chrome. tinggal klik install maka secara otomatis akan terinstall di browser anda.
  2. selesai melakukan instalasi adblock, ia akan muncul di pojok kanan atas browser anda. sebenarnya adblock sudah aktif tapi kita perlu untuk melakukan setting pada adblock sehingga dia dapat mengetahui bagian mana pada sebuah situs yang ingin di block.
  3. klik kanan adblock di pojok kanan atas dan pilih option . sebagain contoh saya menggunakan google chrome. 

    Adblock

    Adblock

  4. halaman setting adblock akan muncul, klik pada tab filter list.

    Filter LIst

    Filter List

  5. kemudian yang kita butuhkan adalah menambahkan filter list, filter list ini berisi bagian mana saja dalam sebuah situs yang akan kita block atau bahasa sederhananya memberitahukan pada adblock supaya tahu mana bagian dari sebuah situs yang iklan dan ingin kita block dan mana yang content.
  6. pada bagian bawah di kotak subscribe silakan isikan http://www.goblooge.com/file/goblock.txt ini adalah file yang saya buat sendiri untuk setting block iklan.
  7. klik subscribe dan biarkan update berjalan, file tidak lebih dari 5 KB, sehingga tidak akan memakan bandwith anda.

    Subscribe List

    Subscribe List

  8. untuk situs-situs internasional mungkin banyak source yang bersebaran, sayangnya untuk situs indonesia masih jarang saya temui, untuk itu saya membuatkan sendiri sebuah list update. yang mana akan saya update setiap minggu tentang iklan-iklan pada sebuah situs indonesia yang akan kita block sehingga tidak di download dan browser kita jadi irit bandwith. jika anda situs tersebut tidak ter-index dalam setting yang saya buat silakan kirimkan comment dibawah, atau kirimkan ke email : nurulhuda@goostudio.com. jika perlu silahkan sertakan screenshot tampilan situs dan bagian mana saja dari situs tersebut yang ingin di-block.
  9. yang anda harus lakukan hanyalah rutin melakukan update pada filter list adblock anda (dari step 3 – 5  kemudian cukup klik update now pada halaman, jika file filter list saya sudah terindex di adblock anda 😀 ). saya akan melakukan update pada list saya, dan tentu saya membutuhkan feedback dari pembaca sekalian situs mana saja yang harus saya buatkan setting-nya sehingga iklanya hilang.

OK untuk yang terahir adalah testing, sebagai contoh saya membuka halaman di detik.com ,  berikut ini adalah tampilan detik sebuah page di detik.com sebelum dan sesudah saya melakukan setting pada adblock, tampak bahwa bagian yang saya beri kotak merah biru (bagian yang ingin saya hilangkan) pada sebelum hilang setelah saya melakukan setting. sehingga yang tersisa hanyalah contentnya saja.

Asli

Gambar Asli : Sebelum dari situs yang saya kunjungi bagian yang saya beri kotak adalah bagian yang ingin saya hilangkan

Setelah
Setelah Melakukan Setting pada adblock semua bagian situs yang saya beri kotak hilang, yang berarti tidak di download dan berarti penghematan pada badwith komputer saya

demikian yang bisa saya sharing kali ini. tulisan ini saya dedikasikan pada adhek saya yang selalu mengeluh karena Modem Smart Fren-nya kehabisan Bandwith akibat iklan :D. Semoga bermanfaat dan salam goblooge :D,

Comments

total comments