April 21, 2015 thumb Cara Install dan Settings Apache , MySQL dan PHPMyAdmin di Ubuntu Server

Salam Semua, kali ini saya ingin sedikit sharing tentang bagaimana men-setting Apache , MySQL dan PHPMyAdmin menggunakan installer default di ubuntu (melalui apt bukan XAMPP dari apachefriends). tapi kenapa tidak menggunakan XAMPP dari ApacheFriends saja. hm… jadi begini, XAMPP dari apache friends sendiri sebenarnya bagus dan lengkap. tapi justru karena saking lengkapnya pada dasarnya banyak dari beberapa paket yang disertakan dalam XAMPP tidak terpakai, misalnya encryption dll yang kadang tidak kita butuhkan, lalu jika kita tidak butuh kenapa harus di-install. selain itu menurut saya pribadi web server default dari ubuntu terasa lebih stable dibanding XAMPP apache friends (anda boleh tidak setuju dibagian ini).

terus kenapa XAMPP dari apache friends tetap ada ? kan nggak stable , buat apa ?. setiap kelemahan ada kelebihan dan setiap kelebihan pasti ada kelemahan. XAMPP dari apache friends adalah paket lengkap sehingga mudah, cocok buat pemula yang baru belajar, selain sudah lengkap tanpa perlu setting XAMPP juga mudah di-install karena berbentuk satu paket dan langsung jalan. kalau ingin belajar tentang XAMPP bisa lihat artikel saya berjudul “Belajar XAMPP“.

nah untuk yang suka hardcore dan memang untuk di implementasi di server betulan, saya menyarankan pakai installer default bawaan ubuntu, karena selain lebih stable ( biasanya paket bawaan distro lebih stable di distro tersebut dibanding paket umumnya , karena oleh developer mungkin sudah di coba ). oke langsung saja kita mulai. pertama masuk ke terminal (kalau bekerja di ubuntu server yang tanpa xwindow tentu otomatis masuk ke console mode ), dan mari memulai.

Menginstall dan Men Setting Apache.

#sudo apt-get install apache2

 Install Apache2

tunggu hingga proses selesai, setelah proses selesai cobalah buka browser (chrome, mozilla, opera, atau lynx untuk yg di console mode). ketikan “http://localhost/” ,jika anda mendapatkan gambar seperti dibawah ini berarti server apache sudah jalan.

Tanda jika Apache Server telah Berjalan

Tanda jika Apache Server telah Berjalan

jika kebetulan tidak berhasil, misalnya anda mendapatkan error “apache2: Could not determine the server’s fully qualified domain name, using 127.0.0.1 for ServerName” berarti aapache tidak mengenali localhost, tambahkan servername localhost, caranya ketikan :

#nano /etc/apache2/conf-available/fqdn.conf 

kemudian tambakan di baris terakhir

ServerName localhost

simpan dan kemudian ketikan kode berikut :

#sudo a2enconf fqdn

khusus untuk ubuntu 13.04 kebawah file fqdn ada di

/etc/apache2/conf.d/fqdn

setelah itu coba lagi ketikan “http://localhost” di browser.

 Menginstall PHP5

secara default PHP yang terinstall adalah PHP versi 4, jika aplikasi anda menggunakan PHP5, maka butuh tambahan library khusus PHP5, berikut ini cara mengintegrasikan paket PHP 5.

 #apt-get install libapache2-mod-php5

Menginstall PHP5

Menginstall PHP5

seperti biasa tunggu hingga proses instalasi selesai, jika sudah selesai, tinggal kita enable alias aktifkan modul php5, ketikan :

#sudo a2enmod php5

dimana akan membuat sebuah symbolic link dari /etc/apache2/mods-enabled/php5 menuju ke /etc/apache2/mods-availble/php5 . khusus bagi anda yang masih menggunakan tag PHP versi lama ( yang sudah tidak dianjurkan ) memakai shorttag <? daripada <?php sikan buka file php.ini dan edit baris bertuliskan  “short_open_tag = Off” kemudian ubah menjadi “short_open_tag = On“.  tapi sekali lagi ini sudah deprecated dan tidak dianjurkan. kemudian restart server apache.

#sudo service apache2 restart

Menginstall MySQL

untuk menginstall MySQL seperti biasa cukup ketikan

#mysql-server libapache2-mod-auth-mysql php5-mysql

Install MySQL

Install MySQL

tunggu hingga selesai, jika sudah secara otomatis server mysql akan aktif dengan sendirinya, tetapi khusus jika anda menginstall di server dan ingin agar mysql bisa diakses dari tempat lain, makan harus mengubah server bind. caranya, ketikan :

$ sudo nano /etc/mysql/my.cnf

kemudian ubah baris yang berisi

bind-address = localhost

ganti localhost dengan ipadress  komputer anda misalkan 192.168.1.100

bind-address = 192.168.1.100

jika ip address-nya selalu berubah (dynamic) maka silakan comment bind-address, jika anda mengakses mysql tanpa mengubah bind-address maka secara otomatis akan ditampilkan pesan error  “Can not connect to mysql error 10061“.

Menginstall PHPMyAdmin

untuk menginstall phpmyadmin cukup ketikan :

#apt-get install phpmyadmin

Menginstall PHPMyAdmin

Menginstall PHPMyAdmin

khusus PHPMyAdmin anda akan ditanya mengenai beberapa setting system, seperti server apa yang anda gunakan akan ada dua pilihan apache dan lighthttp, pilih yang apache. selain itu anda juga akan diminta untuk memasukan default password untuk mengakses phpmyadmin (harus diisi kalau untuk implementasi server, atau server-nya diobrak-abrik anak nakal).

PHPmyadmin meminta settings apache

PHPmyadmin meminta password untuk PHPMyAdmin

setelah selesai, anda perlu mensetting apache agar mengenali phpmyadmin, caranya buka file apache.conf :

#nano /etc/apache2/apache2.conf

kemudian tambahkan baris berikut di file tersebut, simpan dan keluar.

#include /etc/phpmyadmin/apache.conf 

restart server apache dengan cara

#sudo service apache2 restart

setelah itu buka di browser dengan mengetikan “http://localhost/phpmyadmin/“. dan seharusnya anda akan diminta sebuah password (yang anda ketikan tadi).  jika sudah benar halaman PHPMyAdmin akan terbuka.

oke demikian yang bisa saya bahas, sebenarnya masih banyak yang belum dibahas, seperti menambahkan library zipArchive, PHPEncrypt dan lain-lain mungkin artikel berseri ini akan saya bahas cara menggunakan Library-library tersebut, nah bagi sekali lagi di XAMPP sebenarnya sudah tersedia lengkap, namun di tutorial ini tujuanya untuk mengimplementasi langsung ke server yang benar-benar untuk digunakan (bukan untuk belajar atau developing), sehingga paket yg tidak perlu lebih baik tidak di install daripada hanya memberatkan system. jika kebetulan ada yang salah silakan dikoreksi, untuk yang ngerasa request tutorial ini, monggo dinikmati, mas ali yang butuh silakan di copy paste hehehe… salam goblooge.

artikel ini berlanjut ke “Mengatasi Error PHP5 di Web Server Apache Ubuntu Server

sumber : https://help.ubuntu.com/community/ApacheMySQLPHP

Comments

total comments