November 5, 2009 thumb Blender

di dalam dunia modelling, kata 3D swift max dan Maya, mungkin sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Wajar memang aplikasi ini memiliki kemampuan super canggih yang dibutuhkan oleh para designer untuk membuat sebuah model 3D, dengan cepat dan mudah.Maya misalnya, bagi para penggemar game seperti assasins creed, tentu telah meresakan kehebatan maya dalam menciptakan virtual reality dalam dunia game. Sedangkan 3D swift max, setahu penulis banyak digunkan untuk pembuatan film animasi.

Akan tetapi terdapat dua kelemahan yang mendasar bagi kedua software tersebut, yang pertama harganya yang tentu tidak free (sangat mahal) plus tidak open source. Wajar memang dengan tingkat kehebatan seperti itu, tentu sasaran konsumen maya tentulah orang-orang modeller kelas atas yang memilki kantong tebal.

Lalu bagaimana solusinya sengan mereka yang ingin menjadi designer akan tetapi tidak perlu harus membayar mahal, solusinya adalah memakai free software. Dan yang menjadi jawaban dari para pecinta design adalah blender. Lebih dari itu blender juga merupakan software yang open source dibawah lisensi GPL. Yang artinya bagi para programmer lokal yang hebat dalam melakukan coding, dapat berperan aktif dalam pengembangan aplikasi ini.

Blender dibuat oleh Ton Roosendaal, yang sekaligus menjadi ketua yayasan Blender Foundation, ada kabar kalau beliau mendapat sebuah penghargaan gelar Doctor Honoris Causa dari Leeds Metropolitan University.

Walaupun gratis bukan berarti murahan, Blender memiliki seabrek kelebihan yang tidak kalah hebat dengan Maya atau 3DS Max. untuk para designer lokal fitur-fitur blender sudah lebih dari mencukupi, dengan belnder kita bisa membuat sebuah design karakter game, sampai animasi film 3D. Buktinya du film animasi karya bapak Ton , yaitu Elephants Dream dan Big Buck Bunny, memilki design animasi yang cukup wah. Selain itu game yo Frankie, yang merupakan game besutan tim blender Foundation juga dibuat dengan menggunakan blender. Dan yang menarik lagi dari game ini, ia juga Free Open Source Software yang berarti free dan source code-nya bisa didownload dan diubah dibawah lisensi GPL.

Blender tersedia dalam berbagai platform, baik Windows, Linux, BSD dan Macintosh yang semuanya bisa didownload di www.blender.org. Selain di official website di terdapat banyak pula mirror baik di luar negeri maupun di dalam negeri. Salah satunya di kambing.ui.ac.id.

Bagi yang merasa tertarik dan ingin berblender ria, bisa mendapatkan tutorial di http://blenderindonesia.org. Situs ini menyediakan artikel dan tutorial mengenai blender secara lengkap dan bebas untuk diunduh. Situs ini juga telah menerbitkan sebuah majalah tentang blender. Bisa di download di di mirror ziddu atau blender indonesia

Comments

total comments