August 4, 2011 Blakcberry Hemat Energi

ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya, Black Computing, pada tulisan ini saya akan menyajikan sebuah cara untuk menghemat battery Blackberry anda. tidak bisa dipungkiri memang bahwa battery Blackberry boros.

pertama, seperti konsep sebelumnya, Black Computing untuk Green Computing. caranya ganti tema Blackberry anda dengan warna hitam, jika kurang puas gunakan fitur black and white yang ada pada Blackberry, pertama masuk ke Option – Accesbility ganti color contrast menjadi GreyScale. kemudian set event sound menjadi off. dengan cara ini, kita telah menghemat beberapa pemborosan pada battery Blackberry. dengan pemakaian warna hitam tentu daya battery akan sedikit yang terpakai karena warna hitam tidak banyak membutuhkan energi (ingat #000000)

Kedua, Matikan Ringtone, Vibrate atau Alert – Jika Anda sedang dalam kondisi tidak bisa menerima nelepon atau membaca BBM dan SMS, misalkan saat sedang rapat ada baiknya Anda matikan seluruh alert, ringtone ataupun vibrate di Blackberry Torch, Klik ikon Sound and Alerts dan kemudian pilih All Alerts Off. Selain itu Anda bisa mengatur suara ringtone jangan terlalu keras, dan sebaiknya pilih salah satu antara ringtone atau vibrate, memakai kedua-keduanya justru akan membuat baterai Blackberry cepat habis

Ketiga, Atur Brightness – masuk ke Option – Display – Screen Display lalu rubah Backlight Brighness ke level 50 atau kurang, juga Backlight Timeout rubah ke 30 detik atau kurang, selain itu beri tanda ceklis pada Automatically Dim Backlight.

Keempat, Matikan Koneksi Bluetooth dan Wifi – Jika memang Anda tidak memerlukan koneksi Bluetooth atau Wifi, sebaiknya Matikan saja kedua koneksi wireless tersebut untuk menghemat baterai Blackberry Torch

Kelima, Close Aplikasi yang membutuhkan Koneksi Internet – saat ini banyak sekali aplikasi yang membutuhkan koneksi internet seperti Twitter, Gtalks ataupun Google Maps. Jika Anda kurang membutuhkan atau tidak memakai aplikasi tersebut, sebaiknya close atau tutup aja aplikasi tersebut.

Keenam, Gunakan atau pilih operator yang memiliki jaringan stabil di daerah anda, agar BlackBerry anda tidak selalu sibuk mencari sinyal (Anda bisa cek info tarif dahulu untuk semua operator).

Ketujuh, Setiap melakukan pengisian baterai Smartphone BlackBerry, usahakan sampai penuh dan jangan charge di tinggal sampai pagi. Gunakan charger bawaan BlackBerry (Original), agar pengisian lebih optimal.

Kedelapan, Kurangi volume pada BlackBerry anda saat bertelepon atau mendengarkan musik. Gunakan headphone, Masuk ke media menggunakan BlackBerry Desktop Manager (Menghindari ukuran), dan Matikan settingan equalizer / Headset Music EQ (Media – Options).

Kesembilan, Kunjungi situs mobile agar loading pages pada saat browsing tidak berat. Matikan atau kurangi lebih rendah Repeat Animation (Browser – General Properties). Jangan biarkan browser berjalan jika anda tidak menggunakannya dengan tekan ESC untuk close browser.

Kesepuluh, Kurangi Backlight Brightness sampai 10 (Recommend) (Options – Screen/Keyboard). Kurangi Backlight Timeout sampai 10 Sec. (Recommend) (Options – Screen/Keyboard). Gunakan sarung BlackBerry yang original agar saat BlackBerry di sarungkan maka layar LCD otomatis akan mati. Nonaktifkan Audible Roll (Options – Screen/Keyboard), hanya BlackBerry yang menggunakan TrackBall. Nonaktifkan suara tombol / Key Tone (Options – Screen/Keyboard).

Kesebelas, Matikan lampu flash jika foto di luar ruangan untuk menghemat baterai BlackBerry anda (Kamera – Option). Atur Picture Size ke Normal (Kamera – Option). Atur Picture Quality ke Normal (Kamera – Option). Atur Color Effect ke Normal (Kamera – Option).

Keduabelas, Tutup aplikasi jika aplikasi BlackBerry tersebut sudah selesai anda gunakan dan jangan biarkan berjalan (Jangan tekan tombol Off / tombol merah pada BlackBerry anda untuk keluar dari aplikasi).Hal ini yang sering terlupakan, Log Out semua aplikasi pihak ketiga jika sedang tidak di gunakan seperti YM, MSN dan lainnya.

Ketigabelas, Matikan cakupan LED untuk menghemat baterai BlackBerry.

sumber : http://www.tasikisme.com/, http://trikdantipsblackberry.wordpress.com/ dan dipadu dengan tambahan dari penulis sendiri.

Comments

total comments