June 17, 2012 thumb Belajar Regex

suatu hari di dunia tubbies, tinky winky sedang mengedit sebuah dokumen, dokumen itu berisi barang-barang yang disukai oleh para teletubbies termasuk dirinya. daftar itu tertulis sebagai berikut

———————————————————————

1. Tinky Winky — Tas

2. Dipsy ——— Topi

3. Lala ———- Bola

4. Po ———— Scooter

———————————————————————

Tinky winky ingin membuang semua angka yang ada di list tersebut, tentu cukup mudah bagi tinky winky, ia hanya perlu mengahapus satu persatu atau baris-perbaris angka yang ada disampingnya.

tapi bagiamana dengan kisah dewi perisai, dimana ia memiliki daftar 1000 mantan pacar beserta barang-barang yang disukainya. berikut contoh lisnya :

1. Syaiful bahri ———– Televisi

2. Aldy Tohar ———— Handphone

3. Nicky Tiren ———— Kaos

4. Izzhy Audio ———– Motor

.

.

1000. Ki Joko Goblooge — Cincin

tentu akan sangat menyusahkan jika dewi perisai harus menghapus satu-persatu angka disamping 1000 list tersebut, untuk membantu dewi perisai maka dapat dipergunakan apa yang disebut sebagai Reguler Expression. sebagai contoh silakan pindahkan list tersebut di Notepad++ kemudian tekan Ctrl+H, masukan String [0-9]*. pada Find What dan kosongkan pada Replace With, jangan lupa pilih Reguler Expression pada Search Mode, kemudian pilih Replace All dan fuala, semua angka disamping beserta titiknya akan hilang seketika, dan mungkin anda akan dipromosikan menjadi calon suami dewi perisai yang ke 1001.

Metode ini disebut Reguler Expression yang mana akan melakukan pencarian pada String berdasarkan kriteria dari Regular Expression. berikut ini adalah jenis-jenis dari Reguler Expression.

Assertion

^ = awal kata

$ = ahkir kata

b = batas kata

B = batas non kata

 

Atom

. = sembarang karakter kecuali newline

[] = salah satu karakter yang di dalam kurung

[^ ] = bukan salah satu karakter yang di dalam kurung

| = kemunkinan dari suatu string

() = sembarang regular experssion yang cocok

 

Quantifier

* = nol atau lebih instan atom

+ = satu atau lebih instan dari atom

? = nol atau satu instan dari atom

{n} = n instan dari atom

{n,} = sedikitanya n instan dari atom

{n,m} = sedikinya n dan paling banyak m

n-m = n sampai m

 

Special Character

d = sembarang digit

D = sembarang non digit

n = newline

r = carriage return

t = tab

f = formfeed

s = karakter white space

S = karakter non white space

w = alfanumerik

W = karakter non alfanumerik

sebagai contoh kita akan mencoba menerapkanya pada pengecekan format alamat email yang benar, berikut ini adalah List dari alamat email yang akan di cek kebenaranya menggunakan Regular Expression.

huda@goblooge.com

bondes.google.com

www.katrok.com

goblooge@gmail.com

@kosan.com

@pretty_woman

http://budheg.com

gobloge@gondhes.com

untuk melakukan pengecekan format dari email yang benar tentu kita harus menetukan kriteria dari alamat email yang benar, pertama harus diawali dengan String, kemudian diikuti karakter @ kemudian String lagi diikuti titik dan berakhir dengan String domain (com, net dll). berikut ini adalah Regex untuk melakukan checking email :

^[a-z]+@[a-z]+.[a-z]*$

masukan kembali ke dalam Notepad++ seperti tadi, tekan Ctrl+F masukan String regex diatas ke Find What kemudian tekan tombol Find Next maka hanya 3 list yang akan terhiglight, yaitu goblooge@gmail.com, goblooge@gmail.com dan gobloge@gondhes.com.

Comments

total comments