December 6, 2016 thumb Belajar Pemrograman Web dari Dasar Dengan PHP

salam, pada dasarnya tulisan saya kali ini adalah pengalaman saya pribadi sebagai seorang programmer web. sengaja saya buat tulisan ini dengan tujuan menjawab pertanyaan beberapa teman-teman di web yang pertanyaanya nyaris sama. mau belajar web, bingung mulainya darimana. terima kasih yang sudah kontak saya lewat fans page, semoga ini bisa menjawab pertanyaan teman-teman pemcaba yang baru belajar pemrograman web dengan PHP.

sebenarnya untuk belajar programming itu tidaklah mahal dan ribet-ribet amat. asalah punya komputer dan internet insya Allah mudah. cuma kadang bingung mulainya darimana. karena setiap hari setiap detik, muncul berbagai framework baru yang kadang membingungkan untuk memilih yang mana. nah bagi para newbie yang ingin mulai belajar, bisa ikut timeline berikut agar lebih mudah.  setiap timeline akan saya kasih contoh, tapi akan saya bikin bertahap.

  • sebelum belajar tentang PHP belajarlah dahulu tentang cara melakukan setting apache server dan MySQL. ini penting, banyak diantara pemula yang tidak tahu cara setting Apache Server dan MySQL. malah ada yang tanya apa itu XAMPP. jika kebetulan anda pengguna Linux silakan baca “Cara Install dan Settings Apache , MySQL dan PHPMyAdmin di Ubuntu Server” kalau mau pakai XAMPP bisa baca Belajar Xampp. kalau pengguna windows lebih mudah lagi tinggal download XAMPP dan main start selesai.
  • setelah memahami bagaimana cara menjalankan XAMPP, sekarang saatnya memahami HTML, apa itu HTML. apa itu body apa itu head. tidak harus dipelajari semua, minimal bisa paham div, body, head, table, img,input dan penggunaan karakter khusus seperti > dan lain-lain.
  • kalau sudah paham apa itu HTML, silakan pelajari CSS, bagaimana cara memisahkan CSS dengan dari HTML, banyak programmer pemula yang CSS tidak dipecah alias di-hardcode langsung di HTML. sehingga ketika terjadi perubahan tampilan merubah hampir seluruh source code HTML miliknya. kalau seperti itu bisa monyong. pelajari penggunaan id (#) , class (.) dan tag dalam CSS. pelajari juga penggunaan child, first. minimal bisa bikin background, bisa ngasih bold, kalau masalah responsive dll. itu nanti, kalau sudah mahir pakai CSS biasa. banyak yang maksa pakai Bootstrap tapi sysntax dasar nggak paham, akhirnya ketika diminta custom dikit udah ngilu-ngilu sedap.
  • berikutnya pelajari tentang Javascript, tidak perlu Ajax dulu, yang penting tahu bagaimana cara javascript berinteraksi dengan halaman HTML.
  • kalau sudah palajari tentang penggunaan jQuery (jaman web sekarang nggak pakai jQuery gak afdhol gan). bagaimana cara interaksi antara Halaman Web dengan jQuery. minimal bisa ngasih alert, ngasih pop up modal. dan menghidden serta meng show up element HTML itu sudah cukup.
  • nah sekarang baru belajar PHP-nya, nggak usah keburu-buru pakai Database, kalau parsing antar halaman dengan PHP saja belum paham. pelajari bagaimana sebuah form itu berinteraksi, pelajari bagaimana caranya membuat halaman HTML dengan menggunakan echo di HTML. pelajari bagaimana POST dan bagaimana GET , tentang cara file upload. dan pelajari bagaimana melakukan include, require, include_once, require_once. pelajari tentang $_SESSION, pelajari tentang $_COOKIE.
  • kemudian setelah paham tentang cara-cara tersebut, berikutnya adalah tinggal mempelajari koneksi dengan database. karena baisanya PHP itu pasanganya MySQL sebelum lari kesana. silakan dulu pelajari syntax yang ada di MySQL. saya sering mendapati programmer kebingungan cara menggunakan dengan programnya hanya gara-gara Syntax SQL-nya salah. mau diutak atik PHP-nya sampai jaman FIr’aun Kondean kalau yang salah SQL-nya juga gak bakalan bisa.
  • setelah itu baru pelajari cara mengkoneksikan Database dengan PHP, pelajari mysql_connect, mysqli_connect dan PDO. saran saya langsung mysqli_connect atau PDO saja karena mysql_connect sudah di hapus atau deprecated syntax-nya.
  • setelah paham bagaimana cara koneksi dengan Database, silakan pelajari bagaimana cara insert ke database, cara delete dan cara update. tidak usah terburu-buru dengan tampilan ajax, bisa insert, update, delete dan view di database serta membuat pagination sudah cukup.
  • nah kalau sudah terbiasa dengan syntax insert, update, delete dan view pada database sekarang tinggal gabungkan menggunakan Ajax. pelajari jQuery Post dan jQuery Get. kalau sudah mahir apa itu jQuery Post dan jQuery Get. bagaimana caranya berinteraksi antara jQuery dengan PHP, bagaimana mengubah pagination dan lain-lain.
  • sekarang tinggal membuat Login Page dan Logout Page. pelajari $_SESSION, bagaimana $_SESSION bekerja.  pelajari cara bagaimana system bekerja dengan baik pada berbagai macam session. pelajari pula global variable, static variable dan defined variable.
  • kalau sudah paham, sekarang pelajari cara membuat fungsi di PHP. bagaimana membuat function yang efisien, bagaimana membuat sebuah function yang bisa dipakai berkali-kali.
  • berikutnya pelajari cara membuat class di PHP. pelajari tentang OOP, apa itu override, apa itu strategy pattern. dan lain sebagainya.
  • nah kalau sudah paham sampai cara membuat class di PHP berikutnya tinggal anda ingin belajar menggunakan framework apa, silakan seperti Yii, CodeIgniter, Kohana. atau mungkin CMS pun boleh, mau pakai moodle, mau pakai joomla, mau pakai wordpress. saran saya, pilih satu framework yang memang dukunganya banyak dan umum, karena kalau nggak umum kita sendiri yang kesulitan. kedua, pilih satu CMS yang sudah cukup banyak dipakai orang. wordpress adalah CMS yang paling tinggi penggunaanya untuk programmer CMS di PHP dan belum ada yang menggeser (kalau nggak salah kejar-kejaran dengan Django).
  • kalau sudah paham, selanjutnya pilih satu framework UI, seperti Bootstrap, Font-Awesome dll. gabungkan dengan kemampuan anda baik pada CMS maupun dengan native.
  • setelah paham apa itu CMS, Framework PHP dan Framework UI, mulailah anda berdagang, dan selamat bergabung di dunia Programmer Web. dari sini anda sudah bisa mencari duit dengan mengerjakan proyek-proyek untuk Web berbasis PHP.
  • teruslah belajar, karena faktanya setiap hari muncul framework baru yang memang sangat dibutuhkan, seperti PHPExcel, TCPDF, Google Drive API, Dropbox API dan lain sebagainya. saya sendiri sudah 7 tahun belajar Programming Web dan semakin saya belajar, semakin banyak yang harus saya pelajari. semakin saya belajar semakin merasa sedikit ilmu yang saya miliki.

oke itu dia tahapanya, insya Allah akan saya update step by step dengan tutorial penggunaanya. jadi sampai jumpa pada tulisan berikutnya, Okey Donkey dan Salam Goblooge :D.

Comments

total comments