September 27, 2017 thumb Belajar Menjadi Indonesia yang Lebih Baik Bersama simPATI Motorbaik Adventure

Setiap kali mendengar istilah “anak motor”, yang terbesit dalam benak saya adalah stigma sekumpulan anak muda yang bisanya hanya hura-hura dan balapan. stigma ini tenti tidak sepenuhnya salah, karena nyatanya sebagian besar “anak motor” memang lekat dengan kesan dan kegiatan balap liat, kekerasan dan lain sebagainya. tak heran jika kesan negatif ikut melekat dalam diri pada pecinta dan komunitas motor ini.

Padahal, tidak semua bikers—sebutan untuk para pecinta motor—memiliki sikap dan sifat yang demikian. Bahkan, ada beberapa di antaranya yang telah menggagas sebuah komunitas dan program positif yang berkenaan dengan ajakan berkendara yang aman dan santun di jalan raya. Komunitas yang bernama “Motorbaik” ini juga didukung oleh salah satu provider telekomunikasi terbesar dan terluas di Indonesia, yaitu Telkomsel, hingga kemudian melahirkan sebuah program populer bertajuk “simPATI Motorbaik Adventure”.

Apa itu simPATI Motorbaik Adventure?

Pada dasarnya, simPATI Motorbaik Adventure merupakan muara dari “Gerakan Motorbaik” yang digagas oleh Ananda Omesh selaku pendiri komunitas Motorbaik. Gerakan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat, sekaligus untuk menumbuhkan kesadaran tentang tata cara berkendara yang aman dan santun. Melalui gerakan ini, komunitas Motorbaik juga berupaya untuk membangun citra bahwa anak motor dan touring tidak selamanya lekat dengan kesan negatif. Mereka pun bisa menciptakan kegiatan bermotor yang positif, serta menebar manfaat bagi masyarakat umum.

Uniknya, gerakan ini juga didukung oleh berbagai pihak dan publik figur, yang dijamin mampu menarik perhatian khalayak. Ya, selain didukung oleh Telkomsel sebagai penyedia jaringan terbaik, program ini juga disponsori oleh perusahaan otomotif seperti Piaggio Indonesia dan Ducati. Tak hanya itu, artis-artis muda kenamaan Indonesia juga turut berpartisipasi dalam program dan gerakan Motorbaik ini.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa simPATI Motorbaik Adventure merupakan gerakan moral yang dikemas dalam bentuk touring, yang didukung oleh para publik figur guna menumbuhkan kesadaran berkendara yang baik, aman, dan santun.

Program simPATI Motorbaik Adventure ini digelar pertama kali di tahun 2016, tepatnya pada tanggal 15-20 Agustus. Kala itu, rute perjalanan yang harus ditempuh adalah Jakarta-Yogyakarta. Kegiatan ini dibarengi dengan mengusung semangat untuk berbagi ilmu dan mengajar di sekolah-sekolah sepanjang rute perjalanan. Hal ini tentu merupakan bagian dari upaya untuk senantiasa berbagi kebaikan dan inspirasi bagi seluruh anak Indonesia.

Di samping itu, kegiatan positif ini juga bertujuan untuk menjajal kapasitas jaringan Telkomsel di daerah-daerah. terutama daerah-daerah yang biasanya miskin koneksi, apalagi pas lewat tangah alas (hutan), Google Maps menjadi keharusan sebagai penunjuk jalan agar tidak nyasar.

Nyatanya, di sepanjang perjalanan, para bikers tidak mengalami kendala apa pun terkait dengan internet, pembelian pulsa, transfer pulsa simPATI ataupun upload gamabr selfie di tempat-tempat asik, sekalian merangkap jadi Google Local Guide. internet lancar jaya dan tidak memiliki kendala, padahal  sengaja dicoba untuk tidak memakai setup ngirit bandwidth seperti tulisan saya sebelumnya di “Menghemat Bandwidth di Android“. semua image full HD tapi tetap lancar – lancar saja.

Dengan jaringan yang sangat stabil ini, mereka dapat dengan mudah melakukan transfer pulsa simPATI atau pembelian pulsa secara online, di situs-situs tepercaya seperti Traveloka. Bahkan, kini Anda pun bisa mendapatkan tips transfer pulsa simPATI dengan berbagai cara di Traveloka dengan sangat mudah dan praktis, baik melalui website maupun aplikasinya.

SimPATI Motorbaik Adventure 2017

Setelah gelaran pertama di tahun 2016, kini simPATI Motorbaik Adventure juga digelar sebagai bagian dari program untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang ke-72. Dengan mengusung tema ‘Belajar Menjadi Indonesia’, kegiatan simPATI Motorbaik Adventure berusaha menginspirasi sembari menambah pengetahuan dan khazanah terkait budaya Indonesia.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang melewati rute Jakarta-Yogyakarta, kali ini SimPATI Motorbaik Adventure 2017 melanjutkan perjalanan dengan mengambil rute Yogyakarta –Bali. Perjalanan yang dilaksanakan mulai dari 21-26 Agustus ini diisi dengan kegiatan mengeksplorasi keunikan dan hal-hal keren lainnya, yang tentunya lekat dengan kesan “Indonesia Banget”. Karenanya, tagar #GoDiscover juga menjadi ikon dari kegiatan ini.

karena saat ini rutenya Yogyakarta – Bali, dan rata-rata lewat tengah hutan, terutama daerah jawa timur yang mayoritas hutan, internet merupakan keharusan agar tidak nyasar. selain itu, koneksi internet juga sangat penting, jaga-jaga kalau HP ketinggalan di perjalanan – terutama pas rehat mau sholat, kadang sering lupa naruh HP ditempat wudhu – dengan menggunakan “Android Device Manager” HP bisa langsung ketemu posisinya, dengan syarat ineternetnya lancar.

Jika di tahun 2016, para bikers mengajar dan memberikan ilmu di sekolah, maka di gelaran keduanya ini, mereka menemui tokoh-tokoh inspiratif untuk kemudian “belajar menjadi Indonesia”. Tokoh-tokoh yang mereka temui adalah para aktivis pendidikan, kebudayaan, sosial, lingkungan, tokoh pemerintahan, ataupun komunitas-komunitas lokal lainnya. Tentunya, tanpa melupakan tujuan utama gerakan ini yaitu untuk menyebar pesan berkendara yang aman, ramah, santun dan tetap asyik.

Menariknya lagi, gelaran simPATI Motorbaik Adventure 2017 ini dimeriahkan oleh beberapa publik figur yang sudah tidak asing lagi bagi para khalayak. Sebut saja Kevin Julio, Dimas Anggara, Ganindra Bimo dan Andrea Dian, Nabila Putri, Ferry Maryadi, Ari Wibowo, Poppy Sovia, Melki Bajaj, Imam Darto, Eddi Brokoli, dan para bikers lainnya. Dengan latar belakang yang berbeda, mereka berusaha menunjukkan gambaran akan keberagaman yang ada di Indonesia, namun tetap dengan satu tujuan yakni menebarkan kebaikan dan inspirasi.

Para Bikers ini juga didukung oleh beberapa perusahaan otomotif, seperti PT Piaggio Indonesia, Royal Enfield, GAS Triumph, dan BMW Motorrad Indonesia. Kemudian, dalam rute perjalanan Yogyakarta-Bali, mereka melewati lebih dari 10 kota. Mulai dari Jogja, Solo, Madiun, Kediri, Blitar, Malang, Bromo, Probolinggo, Situbondo, Baluran, Banyuwangi, dan Bali (Pemuteran, Denpasar, dan Kuta).

Hal unik lainnya, meski didukung oleh para publik figur, rangkaian perjalanan simPATI Motorbaik Adventure 2017 ini dilaksanakan tanpa bantuan pengamanan. Dengan begitu, mereka lebih bebas untuk menebar virus-virus positif bagi pengendara lain maupun masyarakat umum di sepanjang perjalanan.

Comments

total comments