January 7, 2014 thumb Belajar Java #1: Pengenalan

udah lama nggak nge-blog gara-gara ngurusin proyek. berhubung ada request tutorial tentang java, okelah saya share sedikit tentang tutorial belajar Java mulai dari 0, insya Allah artikel ini berlanjut sampai programming yang mungkin agak rumit sedikit. tutorial ini untuk yang gak ngerti java sama sekali, bagi yang udah ngerti silakan di skip, oke sebelum mulai ber-java ria, hal pertama yang harus di lakukan adalah mempersiapkan IDE (Integrated Development Environtment) atau bahasa gampangnya IDE itu adalah software yang dipakai untuk membuat software.  nah di Java ada bermacam-macam IDE, tapi yang paling terkenal ada dua yaitu Netbean dan Eclipse.

Netbeans

IDE ini asli bikinan Sun Microsystem (tapi sekarang sudah di akuisisi oleh Oracle) ini adalah IDE Java yang paling enak buat pemula. di dalamnya sudah terintegrasi berbagai macam Library Java yang siap dipakai seperti J2SE (Java 2 Standard Edition), J2EE (Java 2 Enterprise Edition) , J2ME (Java 2 Microedition) dll. kelemahan dari Netbeans adalah kurang di dukung pengembang Java , seperti tidak tersedianya plugins untuk Blackberry dan Android. ukuran installer netbeans yang versi lengkap sekitar lebih dari 400MB.

Netbeans

Netbeans

Eclipse

Kalau Netbean adalah untuk Pemula berbeda dengan Eclipse, IDE ini memang dikhususkan untuk para pengembang yang lebih expert, banyak settings-settings yang harus di utak-atik ulang oleh pengguna ketika menggunakan aplikasi ini. ketika di download, biasanya installernya tidak lebih dari 100MB, tapi itu isinya cuma J2SE, kalau mau nambahi J2ME, J2EE dll, harus meng-install plugins secara online. kelebihanya adalah, karena bisa di utak-atik Eclipse menjadi sangat powerfull dibanding Netbean, selain itu tersedia plugins untuk Blackberry dan Android. kelemahanya, untuk Window Builder-nya masih kalah sama Netbeans.

Eclipse IDE

Eclipse IDE

nah kalau sudah tahu tentang IDE, sekarang saya jelaskan sedikit tentang apa itu Java. disini saya tidak menjelaskan sejarah java atau siapa penemunya, udah banyak situs lain yang bahas masalah itu. saya langsung bahas saja bagian teknis.

di dalam Java ada JDK dan JRE, apa bedanya ? bedanya kalau JDK itu adalah Tool Java yang dipakai untuk development aplikasi, artinya tool ini untuk para pengembang atau programmer. nah kalau JRE itu cuma untuk melakukan Run  aplikasi yang sudah jadi. dari artinya saja mungkin sudah bisa ditebak. JDK (Java Development Kit) dan JRE (Java Runtime Environtment). kalau belum punya JDK silakan download di situs resmi oracle (http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/jdk7-downloads-1880260.html) kalau anda pakai Ubuntu bisa pakai #apt-get install openjdk-7-jdk

Apliaksi Yang saya buat mengguankan J2SE

Apliaksi Yang saya buat mengguankan J2SE

di dalam Java ada J2SE, J2ME, J2EE apa bedanya ? kalau J2SE itu adalah Library Java yang dipakai untuk membuat aplikasi Desktop, maksudnya aplikasi Desktop adalah aplikasi yang di-install di komputer kamu, mirip microsoft word, microsoft excell. kalau J2EE adalah aplikasi yang di jalankan di web, gampanganya bahasa yang dibuat untuk bikin situs website, kalau pernah dengar tentang PHP nah J2EE itu mirip dengan PHP. kalau J2ME itu Library yang dipakai untuk membuat aplikasi di Mobile (HP, Smartphone) dalam perkembanganya, J2SE kini udah tinggi banget ada Hibernate, Spring dan apalah saya juga gak tau namanya. J2EE gak mau kalah sekarang malah sampai ke SOA, dan terakhir J2ME yang kini lagi rame-ramenya adalah Android dan Blackberry yang dua-duanya merupakan pengembangan dari Library J2ME.

Aplikasi game yang saya buat menggunakan J2ME

Aplikasi game yang saya buat menggunakan J2ME

 

Aplikasi yang saya kembangan dengan Android

Aplikasi yang saya kembangan dengan Android

banyak ? iyah tentu saja, saya pribadi udah ber-java ria sejak saya kuliah S1 semester 2 sampai sekarang (2007-2014) udah 7 tahun aja, yang saya kuasai baru J2SE, J2ME, Android dan Blackberry itu pun belum expert.

Tips untuk para pemula yang mau belajar Java :

  • usahakan fokus, jangan lari-lari ke bahasa lain. kalau udah Java ya setia sama Java, jangan cuma coba-coba, emang situ mau anaknya buat percobaan.
  • belajar Java itu nggak sehari dua hari langsung bisa expert. saya pribadi belajar sudah hampir 7 tahun dan masih merasa jauh dan semakin hari semakin banyak yang belum saya ketahui.
  • sabar, kalau error coba lagi, repeat step by step,…. insha Allah, you find your way…
  • jangan nyerah kalau error meski sudah seharian melakukan compile. justru kita belajar dari kesalahan. tidak ada satupun developer yang langsung sukses membuat program hanya dalam sekali compile.
  •  jangan cepet senang hanya dengan bikin Hello world. anaku juga bisa kalau cuma bikin Hello world, apalagi cuma install.
  • saran saya pakai Eclipse, daripada netbean. kenapa memang agak ribet, tapi di dunia nyata saya lebih banyak pakai Eclipse ketimbang Netbean.

nah kalau sudah tahu tentang apa itu java, silakan comment dan lanjut ke tutorial berikutnya :

Belajar Java #2 : Setting Eclipse

Comments

total comments