May 13, 2016 thumb Baca Documentasi Programming secara Offline dengan Zeal

Dokumentasi Source code bagi programmer merupakan snack wajib saat melakukan coding. kita tidak mungkin menghafal satu persatu syntax yang ada di dalam Bahasa Pemrograman. biasanya kalau butuh baca – baca dokumentasi, kita bisa langsung googling. untuk yang Internetnya lancar jaya mungkin gak masalah, nah kalau koneksinya kembang kempis, atau yang lagi bokek, tentu jadi masalah. apalagi yang pakai kuota, buka manual sana – sini, kalau lupa buka lagi. nah solusinya pakai Zeal.

Zeal adalah sebuah program yang berjalan baik diatas platform Linux Maupun Windows, yang berfungsi untuk mengumpulkan dokumentasi – dokumentasi source code baik framework, database, maupun bahasa pemrograman, sehingga dapat diakses secara offline (kalau jaman dulu mirip httrack).

Kali ini saya share yang Linux saja. saya menggunakan Kubuntu 16.04 pada Intel NUC DN2820FYKH. bagi yang menggunakan turunan selain debian atau ubuntu, bisa download langsung di situs resminya. https://zealdocs.org/download.html. atau pengguna ubuntu bisa meng-install dengan perintah :

#apt-get install zeal

setelah selesai install kita dapat langsung menjalankan zeal dengan membuka menu item. Start -> Application ->Development ->Documentation Browser. setelah itu jendela zeal akan tampil. ketika pertama kali dibuka, tentu semua documentasi akan kosong, karena kita sama sekali belum menambahkan data-data dokumentasi yang akan di download dari internet. buka File -> Options , jendela Options akan muncul  dan pilih tab Docsets. untuk catatan, pastikan anda sudah punya koneksi internet karena kita akan men-download documentasi dari internet.

Downloadable Docset.

Downloadable Docset.

lihat pada panel Downloadable Docsets, disitu terdapat berbagai macam Framework (Zend Framework, WordPress ), Library (jQuery, Bootstrap), Programming Language (Java, PHP,Javascript), dan bahkan Database (MySQL, PostgreSQL). kita tinggal centangi mana yang mau tersedia secara offline dan klik tombol download. dan proses download pun berjalan.

Biarkan Proses Download Berjalan

Biarkan Proses Download Berjalan

 tunggu sampai proses Download selesai, cepat tidaknya tergantung koneksi internet dan jumlah documentasi yang di download. setelah selesai tinggal klik OK. dan kita siap menggunakan Zeal. sebagai contoh disini saya mendownload dokumentasi untuk MySQL.

Dokuemntasi MySQL

Dokuemntasi MySQL

kita bisa mencari fungsi yang kita ingin ketahui dokuemntasinya di bagian search dan Zeal akan menampilkanya untuk anda. oke sampai disini dulu bahasanya. besok – besok sambung lagi. Salam goblooge dan Okey Donkey.

Comments

total comments