December 22, 2016 thumb Atur Jam Produktif dengan TOGGL

ada yang sudah kerja, ada yang kerja freelance atau sekedar blogging. ada yang sering kena pengalihan perhatian dari pekerjaan ke hal yang lain. jadi misalnya lagi enak-enak ngerjakan sesuatu tiba – tiba ada notifikasi facebook dan kita hold sejenak untuk membuka notifikasi facebook. dan ternyata yang terjadi malah facebook-an selama berjam-jam. ya itulah namanya pomodoro terbalik. bagi yang bekerja sebahai programmer pasti pernah merasakan apa itu pomodoro terbalik.

pomodoro gampanganya adalah dalam waktu tertentu yang mana biasnaya singkat tapi tanpa distraksi atau gangguan (ataupun ada tidak dihiraukan). biasanya 25 Menit kerja fokus, kemudian 5 menit break. kemudian 25 menit lagi fokus kemudian 5 menit break. inilah yang disebut pomodoro. teknik ini sudah ada sejak 1980. tetapi kebanyakan kita, fokus 5 menit, break-nya 25 menit. inilah yang saya sebut pomodoro terbalik.

nah aplikasi ini sebenarnya adalah sebuah timer yang mengatur kerja kita, atau mengatur pomodoro. cuma kita dibebaskan unutk melakukan start and end pada sebuah task atau tugas tertentu. nanti dalam satu bulan, kita bisa lihat reporting berapa lama kita kerja dan berapa lama kita break. jika termasuk pomodoro terbalik. maka dijamin bakal kaget karena hampir 80% waktu dipakai untuk break. saat itulah kita bisa sedikit demi sedikit mngoreksi cara kerja kita.

awalnya saya juga kadang melakukan pomodoro terbalik. saya atur 5 menit fokus 5 menit break. seminggu berikutnya 10 menit fokus dan 10 menit break.  seminggu lagi 30 menit fokus dan 30 menit break. 1 jam fokus 1 jam break. kemudian 1 jam fokus 45 menit break. break-nya saya kurangi dan kini 45 menit fokus 10 menit break adalah titik nyaman saya.

cara penggunaan aplikasi ini pun sangat mudah cukup daftar di situs resminya http://toggl.com. daftar seperti biasa kemudian download aplikasi di web chrome, karena kebetulan saya sering bekerja sebegai web developer, maka saya gunakan chrome. unduh aplikasinya di http://chrome.google.com. kemudian lakukan instalasi apliksi chrome, anda akan ditanyai tentang beberapa hal, seperti bagaimana toggl harus bekerja. berapa waktu yang akan di set, berapa lama waktu untuk break dan berapa lama waktu anda kerja dalam sehari.

Setup aplikasi Toggl di Chrome

Setup aplikasi Toggl di Chrome

kita juga bisa melakukan settings pada pomodoro timer. kita pun bisa membatasi berapa lama waktu pomodoro, mengaktifkan fitur notifikasi dan setup yang lain. aplikasi ini akan mengingatkan kita kapan waktunya berhenti kapan waktunya kembali bekerja. kapan saatnya beristirahat dan kapan lagi waktu untuk melakukan sprint pekerjaan.

semua waktu kita akan di tracking dengan Toggl.

semua waktu kita akan di tracking dengan Toggl.

setiap aktivitas kita akan direkam oleh toggl yang pada akhirnya akan disajikan kepada kita penggunaan waktu yang kita pakai setiap harinya. berapa lama waktu kerja, berapa lama waktu berhenti, berapa lama waktu istrirahat dan lain sebagainya.

hasil ditampilkan dalam bentuk grafik

hasil ditampilkan dalam bentuk grafik

dari grafik tersebut kita bisa mempelajari apakah kita perlu meningkatkan produktivitas kita, ataukah tidak. manakah hal-hal yang mengakibatkan kita tidak fokus, mana saja hari-hari yang kurang produktif. sehingga kita akan dengan mudah mengetahui apa yang bisa kita tingkatkan dan hal apa yang bisa ditinggalkan.  pengalaman saya sendiri bermain game dan facebook-an merupakan hal yang paling banyak memakan waktu. dan setelah menggunakan tool ini saya ber-sosial network hanya seperlunya saja. tidak lebih dari 35 menit per harinya.

bagi pengguna Android yang tidak punya PC tidak perlu khawatir karena Toggl juga tersedia versi Android. silakan di sedot di playstore. kita bisa men-download-nya secara gratis. dan bisa kita pakai untuk melakukan tracking apa saja kegiatan kita. selain itu bagi para programmer tersedia plugin untuk eclipse, netbean dll. yang mana akan memudahkan kita untuk memantau aktivitas kita dalam melakukan pekerjaan.

oke sampai disini dulu bahasan saya, saya menulis ini karena, aplikasi ini cukup bermanfaat dan terbukti saya sendiri sekarang lebih berhati-hati dalam menggunakan waktu. karena menurut pepatah “Time is Money“. jadi selamat menjadi produktif, okey sampai disini dulu Tulisan Saya. Okey Donkey dan Salam Goblooge.

Comments

total comments