September 6, 2012 thumb Aplikasi Wajib di Blackberry

Oke, menanggapi request seorang teman saya tentang aplikasi apa saja yang wajib di Blackberry, kini saya sedikit mensharing aplikasi-aplikasi yang wajib dimiliki oleh para pengguna Blackbery. menyambung tulisan saya sebelumnya tentang menghemat battery di Blackbery. Aplikasi-aplikasi yang saya sajikan disini juga mempertimbangkan tingkat keiritan battery anda. oleh karena banyaknya Aplikasi yang ada di Blackberry Apps World, saya akan fokuskan pada beberapa aplikasi sesuai dengan kegunaanya. tulisan ini didasarkan pada pengalaman pribadi setelah sekitar 2 tahun saya menggunakan Blackberry, anda boleh setuju dan boleh juga tidak setuju. dan jika saya salah, saya mohon maaf dan mohon dikoreksi :D. sebagai bahan pertimbangan, saya menggunakan Blackberry Onyx 2 alias Bold 9780. OK kita mulai saja, diskusinya :

  • Social Network : Twitter dan Facebook, merupakan duo social network yang saat ini merajai dunia, oleh karenanya tidak heran jika saat ini banyak orang yang keranjingan dengan kedua social network tersebut, di Blackberry Apps World banyak terdapat aplikasi untuk kedua Social Network tersebut, seperti Seismic, Uber Social dll. ada yang memberikan lebih dari satu Sosical Network dan ada yang spesifik cuma satu saja. Jika anda cuma keranijingan Twitter dan Facebook saja, saya sarankan untuk menggunakan aplikasi Facebook dan Twitter yang dibuat oleh Research In Motion (RIM) sendiri. Selain Ringan, aplikasi ini juga menggunakan Push, bukan Pull, sehingga ketika di Close atau Exit aplikasi akan benar-benar mati, bukan berjalan di Background dan terus menguras resource dari Blackberry. berbeda dengan aplikasi sejenis seperti Seismic dan Uber Social, yang akan berpindah ke Background ketika di Close, sehingga aplikasi terus aktif dan menguras resource BB.

Aplikasi Facebook dan Twitter buatan RIM

  • Document Reader : tidak dapat dipungkiri bahwa mayoritas dari kita terkadang ingin membuka file-file kantor di Device yang kita miliki, tanpa terkecuali Blackberry. kebanyakan file yang kita miliki adalah file berformat Microsoft Office (xls, doc, ppt dan turunanya) dan Adobe Reader (pdf). untuk membuka file Microsoft Office, anda dapat menggunakan “Document to Go” yang kadang beberapa device Blackberry sudah menyertakan sebagai aplikasi bawaan. sedangkan untuk membuka file pdf, anda bisa menggunakan “RepliGoReader“. Aplikasi ini memang tidak gratis, tapi “worth it”-lah, karena sebagai pemakai Blackberry, setahu saya aplikasi inilah yang paling mumpuni untuk membuka file pdf (jika ada yg lain bisa di-share).
document to Go dan Repligo Reader

Document to Go dan Repligo Reader

  • Photo Editor : Instagram merupakan foto editor yang saat ini (saat tulisan ini dibuat) sedang naik daun. sayangnya di Blackberry , tidak ada aplikasi untuk melakukan akses ke Instagram. tapi jangan khawatir ada aplikasi pengganti yang cukup powerfull untuk melakukan editing layaknya instagram, yaitu “Photo Studio“. aplikasi ini memberikan banyak kemudahan, bahkan lebih banyak fitur tambahan daripada Instagram (Kecuali penyimpanan Online). terdapat dua versi yaitu versi gratis dan berbayar, untuk versi Berbayar hanya berbeda di beberapa fitur tambahan. untuk versi gratis anda dapat menggunakan untuk memberikan Frame, mengatur Contrast, Brightness, Effect dll.
Photo Studio

Photo Studio

  • Online Storage : Dropbox dan 4shared adalah Online File Storage dan Sharing yang dapat digunakan oleh secara gratis. jika anda termasuk pengguna Blackberry yang menggunakan Dropbox atau 4shared, tidak ada salahnya jika anda mendownload aplikasi keduanya di Blackberry anda. sama seperti layanan Online File Storage dan Sharing-nya yang gratis, aplikasinya pun gratis.
  • Blogging : Siapa yang Hobby Blogging, jika iya, maka pasti sudah tidak asing dengan WordPress, yang mana menjadi CMS terbaik saat tulisan ini dibuat. selain karena kesederhanaanya, fleksibilitas, serta dukungan dari forum yang melimpah. CMS satu ini menggeser CMS yang lain. jika anda termasuk pengguna WordPress, anda dapat mengakses situs anda melalui Blackberry. Aplikasi ini bisa digunakan untuk me-manage konten situs anda, tidak terbatas pada blog yang berdomain wordpress.com, anda juga bisa menggunakanya untuk blog dengan hosting pribadi anda. ngomong-ngomong blog saya juga menggunakan WordPress. sedikit saran, jika anda menggunakan Hosting pribadi, anda dapat meng-install Jetpack sehingga dapat melihat statistik kunjungan dari situs anda.
  • News  : menurut saya pribadi, Detik.com adalah situs yang memberikan informasi paling update diantara situs-situs lain, dengan jumlah pengakses yang mencapai ribuan menjadikan ia sebagai raksasa situs News di Indonesia. jika mengunjungi detik.com adalah hal yang biasa anda lakukan, daripada menggunakan Browser di Blackberry, mendhing download applikasinya, selain lebih irit bandwith dan cepat aksesnya (Karena Format data yang diterima aplikasi lebih di peringkas), juga tidak memberatkan sistem daripada menggunakan Browser Blackberry.
  • Entertaintment : 9gag.com, situs joke yang saat ini sedang nge-trend (sampai-sampai muncul tiruanya di Indonesia), jika anda suka mengakses dari Blackberry, daripada berat (karena biasanya di compress dahulu sebelum ditampilkan oleh blackberry), mendhing gunakan aplikasinya, selain irit bandwith, cepat dan tidak memberatkan sistem, karena datanya sudah di parse sedemikian rupa :D.
  • Note : Evernote merupakan layanan yang memberikan kemudahan anda untuk mengambil potongan-potongan artikel (Clipping) dari website yang anda kunjungi. potongan-potongan itu bisa berupa lirik lagu, topik khusus, dan lain-lain. saat anda membutuhkanya anda tidak perlu  lagi mencari kesana-kemari di beberapa situs, cukup buka evernote dan potongan-potongan artikel yang kita kumpulkan dapat dibaca dan dicari dengan mudah. Jika anda pengguna Evernote, tidak ada salahnya anda mencoba Appikasi evernote di Mobile. kelebihanya daripada anda menggunakan Browser asli Blackberry, selain ringan, cepat dan irit bandwith, aplikasi ini menyimpan artikel anda dalam bentuk cache, sehingga saat offline pun anda dapat membaca beberapa artikel yang telah di-cache.

Comments

total comments