October 13, 2012 thumb Aplikasi Ringan Alternatif

seorang teman saya dikampung protes dengan laptop mini-nya yang mengalami penurunan kinerja. selain lelet juga kadang-kadang muncul banyak sekali error don’t send yang diakibatkan oleh banyak hal. berhubung saya lagi baik hati, dengan setengah hati saya buka laptop tersebut dan setelah saya lihat, alamak, ternyata teman saya menggunakan aplikasi super jumbo untuk kebutuhan sehari-hari, lebih-lebih komputer dia cuma HP mini, dengan intel Atom sebagai processor dan RAM 2 GB. tentu hal ini cukup lucu jika aplikasi yang dijalankan adalah Adobe Acrobat reader X, Adobe Photoshop CS5 dan segudang aplikasi kelas berat lainya, belum lagi antivirus dan aplikasi pendukung yang senantiasa berjalan di background. ketika saya mencoba melakukan uninstall pada aplikasi Acrobat Reader teman saya protes, karena dia butuh untuk membaca file PDF, padahal maunya saya gantikan dengan aplikasi sejenis yang lebih ringan mengingat kebutuhan dia cuma buat baca doang. Ok tulisan kali ini untuk anda yang sekiranya memiliki masalah yang sama dan belum bisa menemukan aplikasi pengganti yang cocok untuk anda. berikut ini adalah aplikasi pengganti yang ringan dan pasti freeware.

  • Foxit Reader : aplikasi kecil ini cocok buat anda yang hanya membutuhkan PDF reader. daripada menggunakan adobe reader yang rakus akan resource mendhing gunakan aplikasi ini, selain ringan dia juga gratis. kalau tidak percaya silakan download dan install sendiri dan rasakan perbedaanya.
  • PCMAV : jika anda menggunakan antivirus seperti Avira, AVG, McAffee, Norton dan lain-lain dapat dipastikan komputer anda akan lelet, karena selain banyak sekali database, system kerja antivirus tersebut cukup memberatkan system. saya merekomendasikan PCMAV, aplikasi buatan salah satu majalah besar di indonesia. saya merekomendasikan antivirus ini karena kemampuan dia yang dapat digabung dengan engine CLAMAV, yang mana memberikan tambahan database untuk antivirus anda.
  • CCleaner : jika anda membutuhkan aplikasi untuk membersihkan komputer windows anda, tentu tidak asing dengan aplikasi sepert Tune Up Utilities, Registry Mechanic dan seabrek aplikasi lain. aplikasi CCleaner memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan mereka. di update hampir setiap hari.
  • Audacity : jika anda pernah melihat aplikasi untuk editing audio, seperti menggabungkan suara, memixing suara dan lain-lain. daripada membeli aplikasi berbayar yang mahal mendhing gunakan aplikasi open source Audacity, walaupun gratis sudah cukup mumpuni. jika anda menginginkan tutorial penggunaanya silakan merujuk pada tulisan saya sebelumnya (Melakukan Editing Suara).
  • Gimp : tentu anda sudah tidak asing dengan Adobe Photoshop , aplikasi pengolah gambar nomor wahid, tapi tunggu dulu. dengan segudang kelebihanya aplikasi tersebut cukup berat untuk dijalankan. alternatif bagi anda yang hanya ingin melakukan editing sederhana maupun level professional bisa mencoba Gimp. aplikasi FOSS cukup bagus untuk penggunaan sehari-hari.
  • Deep Burner : anda pernah mendengar Nero, aplikasi pembakar Optical Disc terkemuka. jika anda tidak kuat untuk membelinya saya sarankan menggunakan Deep Burner, aplikasi ini dapat membuat File ISO layaknya Nero. selain ringan terdapat pula versi gratis baik installer maupun portable.
  • Notepad++ : pernah mendengar DreamWeaver, aplikasi untuk membuat web. nah kali ini saya ingin membahas aplikasi multifungsi yang memilki kemampuan lebih. namanya Notepad++, walaupun tidak sehebat DreamWeaver Notepad++ mendukung banyak format file programming seperti PHP, Javascript, C, C++, Java dan lain-lain.

OK cukup sekian sedikit informasi dari saya mengenai aplikasi-aplikasi pengganti, yang walaupun ringan dan dan gratis tapi cukup mumpuni untuk digunakan sebagai alternatif aplikasi-aplikasi powerfull lainya. Salam Goblooge.

Comments

total comments