August 31, 2018 thumb Aplikasi Ramalan Cuaca untuk Persiapan Musim Penghujan

sebentar lagi musim penghujan akan tiba, atau mungkin bahkan sudah tiba, petani pun mulai menyemai padi masing-masing. nah untuk yang kerja kantoran , musim hujan bisa jadi masalah tersendiri mengingat ketika akan berangkat kerja, tiba-tiba mendhung meyerang dan hujan ditengah jalan. sejujurnya kalau saya pribadi mendhing pilih nguyup alias diam seribu bahasa dirumah ketika terjadi musim hujan. atau kalau ketika lagi enak-enaknya dijalan trus hujan, paling-paling nyari mesjid atau musholla atau pom bensin untuk berteduh.

tapi sebenarnya hal ini bisa diantisipasi kalau kita mendapatkan informasi cuaca yang cukup akurat, nah berikut ini saya akan sharing beberapa aplikasi android yang di desain khusus untuk masalah cuaca. tentu aplikasi ini tidak bisa akurat 100% karena hanya Allah SWT yang tahu, tapi dengan setidaknya mengira-ngira cuaca kita bisa persiapan apakah akan hujan atau tidak. sebenarnya aplikasi untuk menebak cuaca sudah ada sejak jaman dulu, saya biasanya pakai yahoo weather. oke langsung saja.

  • Yahoo Weather  : aplikasi ini sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu kala, bahkan seingat saya sebelum google muncul kali ya. seperti namanya yahoo weather milik dari perusahaan yahoo yang akhir-akhir ini sedang mengalami krisis.
  • Google Now : ini adalah aplikasi besutan google punya, tentu untuk masalah akurasi tidak mungkin 100% akurat, tetapi dalam pemakaian sehari-hari google Now bagi saya sudah cukup membantu walaupun kadang sekali dua kali melenceng.
  • AccuWaether : saya sengaja meletakan aplikasi ini di urutan ketiga karena memang aplikasi ini menurut saya adalah aplikasi nomor wahid dalam masalah ramal – meramal cuaca. saya pakai aplikasi ini dan belum pernah sekalipun dalam pengalaman saya meleset dalam perdiksi hujan (kurang tahu kalau prediksi panas , salju atau badai).
  • InfoBMKG : nah untuk yang ini adlaah aplikasi milik indonesia punya, ya maklum memang sumbernya dari BMKG, menurut saya aplikasi ini cukuplah untuk orang indonesia, memang sih kadang-kadang perhitunganya meleset. tapi nggak parah-parah amat kok.

masih banyak sebenarnya aplikasi cuaca diluaran sana, dan tidak mungkin saya bahas satu persatu. saya rasa satu dua aplikasi sudah cukup sebagai pembanding, saya pribadi pakai keempat-empatnya pas lagi musim hujan, kadang infonya berlawanan itu yang agak susah, tapi kalau keempat-empatnya bilang esok hujan, 99.99% bakalan hujan, kecuali Allah SWT berkehendak lain.  ada sedikit cerita menarik. pas jaman android belum merajalela, saya pernah ngasih info kebeberapa orang bahwa besok akan hujan. ternyata besok hujan, trus saya pernah juga bilang bahwa besok hujan dan lusa tidak, ternyata benar. namanya orang desa nggak ngerti saya dikira dukun ramal. sampe pas ada acara mau kondangan saya pernah didatangi salah satu tetangga tanya besok hujan atau tidak, saya cek di yahoo weather hujan. tahu apa yang diminta ke saya, ” menowo mas huda saget nahan , maharipun pinten ? (kalau mas huda bisa menahan , kira-kira maharnya berapa ? ) “. alamak saya dikira pawang hujan. padahal saya cuma pakai yahoo weather, setelah era android, sekarang sudah tidak ada yang tanya. BTW ada yang tertarik jadi pawang hujan :D. Salam Goblooge.

 

Comments

total comments