December 28, 2012 thumb Aplikasi Pembelajaran di KDE Linux

okay, untuk tulisan kali ini saya ingin membahas beragam aplikasi yang berjalan di desktop KDE yang berfungsi untuk membantu proses edukasi, baik untuk anak 4 tahun sampai anak SMA. aplikasi-aplikasi berikut ini dapat berjalan di semua distro yang berbasis KDE. sebagai contoh saya menggunakan Linux Mint 14 : Nadia sebagai contoh, semua aplikasi yang dibahas disini berada pada lisensi FOSS (Free Open Source Software) dan berada pada KDE Education Project. langsung kita mulai saja.

Keduca : adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat sebauh simulasi ujian. dalam Keduca kita dapat membuat soal beserta kunci jawaban. mulai dari essay, multiple choice, hingga penjodohan. saat ini Keduca sudah tidak dikembangkan lagi karena terbentur masalah maintenance yang lambat. jika anda tertarik ingin jadi developer silakan berkunjung ke situs resminya.

KEduca

KEduca

Blinken : adalah sebuah game yang menampilkan 4 nyala lampu dengan warna yang berbeda. tugas pemain adalah untuk mengingat bagaimana urutan lampu-lampu tersebut menyala. setiap level lampu-lampu tersebut akan ditambah satu nyala per level dan sang pemain harus mengingatnya. fungsi dari Blinken adalah untuk meningkatkan kemampuan daya ingat. ngomong-ngomong saya pernah sampai ke level 99 dan gagal di level 100.

Blinken

Blinken

Cantor : adalah sebuah software yabng meberikan kemudahan untuk menganalisa data statistika. cantor memberikan sorksheet dan GUI yang cukup mumpuni untuk membantu mengolah data statistik.

Cantor

Cantor

Kalgebra : Fungsi dari aplikasi ini adalah membuat diagram berdasarkan fungsi x, y dan z yang diberikan. misalkan kita masukan y=2x-5 secara otomatis Kalgebra akan membuat sebuah diagram cartesian yang menggambarkan fungsi tersebut. kelebihan lain dari aplikasi ini mampu menampilkan graphics dalam bentuk 3D (x,y, dan z). aplikasi ini dapat menggambar diagram cartesian mulai dari linear, kuadratic, trigonometri sampai integral. cocok untuk anak SMP dan SMA.

Tampilan KAlgebra

Tampilan KAlgebra

Kalzium : aplikasi ini memberikan datqa lengkap mengenai semua unsur yang ada di periodic table. mulai dari bentuk atomnya, struktur atom, nomor atom, nomor massa sampai penemu. Kalzium merupakan aplikasi untuk pelajaran Kimia yang cukup lengkap cocok untuk anak SMP dan SMA.

Kalzium

Kalzium

Kanagram : mendengar namanya mungkin sudah tidak asing. kanagram adalah sebuah permainan anagram yang mana pemain diminta untuk menebak kata dari susunan huruf-huruf yang diacak. sayangnya aplikasi ini masih berbahasa inggris, tapi tunggu dulu, anda dapat menambahkan kata-kata sendiri jika anda mau.

Kanagram

Kanagram

KBruch : menghitung 1 + 1 adalah pekerjaan mudah, menghitung 2+5 mungkin juga mudah bagi anak balita, namun untuk menghitung pecahan 1/3 + 1/4 bagi anak balita mungkin menjadi pekerjaan yang tidak mudah, untuk itu yang aplikasi ini dibuat, tujuanya adalah mempermudah anak-anak untuk mempelajari bagaimana sebenarnya angka pecahan. disertai dengan gambar sehingga memberikan visualisasi yang memudahkan anak untuk belajar.

Kbruch

Kbruch

KGeography : sesuai namanya, aplikasi ini memudahkan anak-anak dalam mempelajari pelajaran geografi, terdapat berbagai lambang negara, bendera, peta lokasi sampai keadaan penduduk dan luas wilayah negara. selain itu KGeography juga memberikan kemudahan akan akses informasi sebuah negara melalui akses internet.

KGeography

KGeography

KHangman : anda pernah mendengar permainan Hangman, ya permainan menebak sebuah kata dengan batasan jumlah huruf yang salah. itulah yang ditawarkan oleh aplikasi ini. kosa kata yang ada saat ini masih terbatas pada bahasa inggris.

KHangMan

KHangMan

Kig : berbeda dengan cantor dan kalgebra yang ditujukan untuk anak SMP dan SMA. kig ditujukan untuk anak balita, fungsi dari kig adalah memberikan pelajaran cara menggambar bidang data seperti persegi, segitiga , lingkaran dan lain-lain. kig juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran perhitungan luas bidang datar.

kig

Kig

Kitten : adalah aplikasi yang digunakan untuk mempelajari tulisan kanji jepang. dalam kitten cuma mendukung 2 bahasa, jepang – inggris dan inggris – jepang. cocok bagi anak-anak SD yang baru belajar bahasa jepang.

Kitten

Kitten

KLetter : digunakan untuk memperkenalkan anak-anak dengan huruf dan membaca. aplikasi ini memang ditargetkan untuk anak balita atau TK yang masih dalam tahap pengenalan huruf dan membaca. aplikasi ini mendukung berbagai huruf di beberapa negara, seperti inggris, jerman, denmark, arab dan lain-lain sayangnya aplikasi ini tidak mendukung pengucapan dalam bahasa inggris.

KLetters

KLetters

KmPlot: sebenarnya aplikasi ini sama dengan Kalgebra, bedanya aplikasi ini mendukung plotting beserta turunan da nintegralnya. aplikasi ini dapat digunakan anak-anak SMA dan SMP untuk belajar bagaimana matematika cartesian. dilangkapi dengan panduan help yang sangat membantu, kmplot menjadi aplikasi yang layak untuk di-install.

KmPlot

KmPlot

KStar : merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan simulasi bintang di langit. aplikasi ini akan menampilkan berbagai bintang beserta rasi bintangnya dilangkapi berbagai macam informasi. seperti jarak bintang dengan bumi, tingkat kecerahan bintang (magnitudo), penemunya dan segudang informasi lain yang tidak kalah menarik. cocok bagi mereka yang ingin mempelajari astronomi.

KStars

KStars

KTouch : katouch digunakan sebagai panduan untuk mengetik bagi anak-anak. mengetik memang butuh teknik dan pembiasaan, dengan ktouch, anak-anak akan diajari bagaimana cara mengetik dengan benar dan cepat menggunakan 10 jari, jangan sampai anak kita mengentik hanya menggunakan dua jari telunjuk saja.

KTouch

KTouch

KTurtle : kturtle digunakan untuk mengajari konsep-konsep programming pada anak-anak. secara sederhana kturtle digunakan untuk mengajari bagaimana bahasa pemrograman itu bekerja. bagaimana seharusnya kita menjalankan bahasa pemrograman dan lain-lain. intinya kturtle adalah mengajari anak-anak bagaimana cara belajar bahasa pemrograman dengan menggunakan animasi seekor penyu.

KTurtle

KTurtle

KWordQuiz : digunakan untuk mempelajari vocabulary bahasa asing, anda dapat menambahkan sendiri vocabulary yang tidak ada atau yang anda buat sendiri. selain itu dengan aplikasi ini kita dapat membuat soal multiple choice dan essay, sepertinya aplikasi ini ditujukan untuk menggantikan Keduca.

KWordQuiz

KWordQuiz

Marble : aplikasi ini menampilkan globe yang mana didalamnya telah terintegrasi berbagai macam informasi mengenai peta dunia, seperti jalan raya, tempat dan lain-lain. aplikasi ini membutuhkan koneksi internet untuk bisa bekerja.

Marble

Marble

Pairs : aplikasi ini sebenarnya adalah sebauh game yang digunakan untuk mengingat gambar, suara dan text. aplikasi pair bertujuan untuk meningkatkan daya ingat anak-anak.

Pairs

Pairs

Parley : aplikasi ini tidak ada hubunganya dengan Jack Sparrow :D, aplikasi ini adalah penyederhanaan dari KWordQuiz, dengan kata lain aplikasi ini digunakan untuk memperkenalkan vocabulary pada anak-anak. bedanya aplikasi ini bukan dalam bentuk permainan, tetapi lebih dalam bentuk kamus.

Parley

Parley

Rocs : aplikasi ini adalah aplikasi yang cukup berbobot sebenarnya, tidak hanya digunakan untuk anak-anak tapi juga para dosen dan engineer. applikasi ini digunakan untuk mensimulasikan algoritma graph, seperti dijstra, prime, kruskal dan lain-lain. aplikasi ini jug menggunakan bahasa pemrogramanya sendiri untuk membantuk melakukan eksekusi algoritma.

Rocs

Rocs

Step : aplikasi ini digunakan untuk belajar ilmu fisika, seperti pergerakan bola, rotasi, benturan, gesekan dan lain-lain. semua dapat disimulasikan dan ditampilakan baik dalam bentuk gambar pada diagram cartesian maupun berbentuk angka.

Step

Step

oke, demikian aplikasi-aplikasi pendidikan yang berjalan pada desktop KDE, jangan lupa buka baca pula tulisan saya mengenai aplikasi pendidikan yang berjalan pada desktop gnome.

Comments

total comments