December 29, 2012 thumb Aplikasi Pembelajaran di Gnome Linux

oke, setelah posting saya sebelumnya tentang aplikasi pembelajaran linux di lingkungan KDE sekarang saatnya membahas aplikasi pada lingkungan Gnome. seperti pada postingan sebelumnya, aplikasi-aplikasi yang dibahas disini adalah aplikasi FOSS (Free Open Source Software). sehingga kita dapat mendownloadnya langsung dari repository yang disediakan.

Klavaro : kalau pada lingkungan KDe kita mengenal KTouch, pada Gnome klavaro adalah padananya. aplikasi ini adalah aplikasi pembelajaran tentang bagaimana caranya mengetik dengan cepat. tersedia berbagai macam level, mulai dari beginner, sampai level kelas fluent. hurufnya pun dapat disesuaikan apakah ingin alphabeth saja, alphanumeric, atau full keyboard. sayangnya kata-kata yang ditulis pada aplikasi ini belum support bahasa indonesia.

Klavaro

Klavaro

Dr Geo : merupakan aplikasi untuk mempelajari tentang geomerty, dengan dokter geo, user tidak hanya diajak untuk mengerti tentang bentuk-bentuk geometry, melainkan juga bagaimana perhitungan luas, lebar, keliling dan lain-lain.

Dr Geo

Dr Geo

Wordplay : jika kita mengenak Kanagram pad KDE, wordplay adalah padanan dari kanagram di Gnome, fungsinya sama ia akan mengacak sebuah kata dalam bahasa inggris, yang kemudian user harus memasukan kata apa yang dimaksud dari pengacakan tersebut.

Granule : merupakan aplikasi yang mengajak user untuk belajar mengenai vocabulary, banyak vocabulary yang disediakan disini, mulai dari bahasa inggris, jerman, denmark dll. anda bahkan bisa menambahkan jika dirasa kurang.

gNumexp : fungsi dari aplikasi ini mirip kmplot, ia akan melakukan plotting pada fungsi matematika yang diinputkan, sayangnya, aplikasi ini masih perlu banyak penambahan fitur. dibanding dengan kmplot. aplikasi ini masih jauh dari mumpuni.

GTurtle : aplikasi ini mirip dengan kturtle, tetapi memiliki kelebihan pada kecepatanya. aplikasi ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk memberikan dasar-dasar logika pemrograman untuk anak usia dini. dengan animasi seekor penyu, aplikasi ini menjadi menarik untuk dimainkan anak-anak.

ChemistryUtils : aplikasi ini menampilkan periodic table unsur-unsur kimia, dilengkapi dengan berbagai informasi mengenai unsur kimia yang bersangkutan seperti penemu, titik didih, titik leleh, titik uap, nomor atom, nomor massa, kepadatan, wujud zat pada suhu kamar dan konfigurasi elektron yang dimilikinya.

Ghemical Periodic Table

Ghemical Periodic Table

SkyNet : merupakan aplikasi yang menampilkan bintang-bintang dilangit, layaknya kstar, aplikasi ini memberikan gambaran utuh mengenai posisi bintang-bintang yang ada di langit.

Stellarium : jika skynet hanya menampilkan bintang-bintang, tidak dengan stellarium, aplikasi ini menampilkan keseluruhan system bintang beserta rasinya. disini juga dapat disimulasikan pergerakan bintang dari waktu-ke waktu. selain itu yang membuat aplikasi ini hebat adalah setiap bintang yang ditampilkan dapat di klik dan ditampilkan detail mengenai informasi bintang tersebut, seperti jarak-nya dari bumi, intensitas cahaya dalam magnitudo dan lain-lain.

Stellarium

Stellarium

Calestia : kalau SkyNet dan Stellarium menampilkan bintang, calestia menampilkan informasi mengenai planet-planet yang ada di galaxy Bima Sakti. memang tidak sehebat calestia, tapi aplikasi ini memberikan mengenai planet-planet yang ada di Bima Sakti beserta informasinya.

Calestia

Calestia

Ghemical : aplikasi ini memudahkan anak-anak SD dan SMP untuk belajar kimia, selain menampilkan simulasi rantai carbon dalam bentuk 2D aplikasini juga dapat melakukan perhitungan reaksi kimia, seperti berapa energi yang dihasilkan dari sebauh reaksi fisi, fusi dan lain-lain.

Ghemical

Ghemical

Avogadro : aplikasi ini memberikan simulasi tentang terbentuknya rantai carbon, baik alkana, alkena, alkuna, maupun rantai benzena. aplikasi ini bisa digunakan sebagai media pembelajaran simulasi rantai carbon. user bisa membuat berbagai macam deretan rantai carbon dalam bidang 3D.

Avogadro

Avogadro

Quest Exam Engine : aplikasi ini adalah aplikasi untuk melakukan simulasi ujian. mirip dengan Keduca, aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat ujian elektronik, dimana guru yang membuat soal dan siswa yang menjawab melalui komputer. hasilnya langsung ditampilkan ke sistem secara otomatis.

Kanatest : apliaksi ini merupakan aplikasi pembelajaran bahasa jepang, user akan diajak untuk belajar tulisan jepang Hiragana dan Katakana. user dapat melakukan testing seberapa pandai dalam membaca tulisan jepang. aplikasi ini cukup ringan dengan segudang fitur yang sayang jika dilewatkan.

Kanatest

Kanatest

Little Wizard : mirip dengan Gturtle bedanya aplikasi ini ditujukan untuk anak usia dini. aplikasi ini adalah Development Environtment untuk anak-anak usia Balita. namanya jug untuk balita ya aplikasinya terbatas pada hal-hal yang berbau pengenalan dunia edukasi seperti angka, model, menggambar rumah dan lain-lain.

Little Wizard

Little Wizard

GCompris : adalah aplication suite (kumpulan aplikasi) yang ditujukan untuk anak-anak usia dini 2-5 tahun. dalam aplikasi ini telah terintegrasi aplikasi permainan catur, membaca, menulis (TuxTyping), menghitung (TuxMath), melatih logika, berlatih mengenal warna, poermainan warna, menggambar (TuxPaint) dan lain-lain. aplikasi ini dilengkap dengan panduan suara yang memudahkan anak-anak untuk belajar secara mandiri. dilengkapi pula dengan game-game edukasi yang sangat membantu melatih otak anak.

GCompris Suite

GCompris Suite

oke demikian yang bisa saya sharing, semua aplikasi ini gratis dan bisa di download baik melalui repository maupun paket tarball. jika ada kesalahan silakan dikoreksi, salam Goblooge 😀

Comments

total comments