February 3, 2015 thumb Aplikasi console base yg wajib diketahui linux administrator

bagi para admin linux yang sudah berpelangalaman tentu sudah mengenal semua tool yang saya sebutkan ini. nah bagi yang baru mulai belajar jadi admin linux, berikut ini adalah peralatan perang yang wajib anda ketahui. mengapa ? karena tool – tool berikut ini adalah tool – tool yang bisa dipakai dalam keadaan yang paling sulit sekalipun, kalau sampai tool – tool ini tidak dapat dipakai, berarti kemungkinan besar tamat-lah sistem linux anda.

Text Editor VIM dan Nano

bagi yang belum tahu apa itu text editor, anda tentu pernah melihat Notepad, yang biasanya dipakai mengetik atau mengedit document. Notepad adalah salah satu jenis text editor fungsinya sama, hanya saja dia dipakai untuk meng-edit file dalam level yang lebih sederhana (artinya anda hanya bisa meng-edit text, tidak bisa memasukan table dll).

dalam film the social network , pemeran mark zuckerberg terlihat mengetik sesuatu menggunakan editor text yang warnanya hitam dan putih, iyup itulah vim. vim merupakan sebuah text editor yang powerfull untuk digunakan dalam situasi genting, (misalnya GUI anda tidak bisa jalan).  vim memiliki berbagai fitur seperti pencarian, perubahan massal, meng-edit secara vertical dan lain-lain. nah saudara dari vim yang mungkin lebih simple dan terbatas adalah nano. baik vim dan nano keduanya bekerja pada console mode artinya cocok jika anda sedang melakukan remote ssh selain cepat juga menghemat bandwidth.

Tampilan Nano

Tampilan Nano

Web Browser Lynx

pernah menggunakan Internet Explorer , Opera Browser, Mozilla Firefox atau Google Chrome untuk surfing di internet ? pasti sebagian besar jawabanya adalah ya, tapi pernahkah melakukan surfing di Internet Menggunakan Lynx ? saya yakin banyak yang belum pernah. yup Lynx adalah sebuah Web Browser yang mana bekerja pada text mode. jangan berharap untuk mendapatkan gambar atau tampilan menarik dari web browser ini, tujuan utama web browser ini adalah mendapatkan informasi se-cepat dan se-efisien mungkin (bandwidth). sehinnga ketika kita mengalami masalah dengan GUI, dan butuh surfing untuk mencari informasi maka Lynx adalah solusinya. maksudnya ? misalkan komputer ente lagi ngadat, nggak bisa nampilkan Desktop dengan GUI super indah plus Wallpaper gambar gebetan ente lagi Duck Face. padahal ente tahu bahwa jaringan komputer masih jalan, dan ente tahu kalau solusinya ada di wikipedia.com. kalau ente punya komputer cadangan sih enak, lha kalo kagak ada dan itu satu-satunya PC yang ente miliki, gimana caranya bisa browsing pake google chrome menu saja nggak ada. nah dalam kondisi super terdesak seperti itulah Lynx dibutuhkan.

Lynx Sedang Membuka goblooge.com

Lynx Sedang Membuka goblooge.com

Download Manager Wget

Pernah pakai Internet Download Manager, atau Deluge di Linux ? nah salah satu Download Manager yang terkenal di dunia text mode adalah wget. dia bisa digunakan untuk men-download apa saja melalui internet. bagi yang sering bekerja dengan ssh atau mengutak-atik server tentu pernah menggunakan wget. ya mungkin bisa dipakai untuk mendownload driver VGA anda yang lagi ngadat untuk mendapatkan update terbaru.

Wget saat bekerja untuk mendownload sesuatu

Wget saat bekerja untuk mendownload sesuatu

SSH (Secure Shell)
pernah pakai Team Viewer di Linux atau Remote Desktop di Windows ?  nah kalau yang satu ini adalah Remote khusus untuk Console Base. Seorang administrator linux wajib hukumnya tahu apa ini. dengan menggunakan remote mode text ini seorang administrator dalam mengutak-atik system linux yang ada nun jauh disana dengan tanpa khawatir bandwidth-nya habis.  tamppilan SSH tidak jauh berbeda dengan console atau Terminal Linux (ya karena dasarnya juga untuk meremote console).

sebenarnya banyak juga tool – tool lain yang wajib diketahui oleh seorang administrator linux, tapi kali ini yang saya bahas adalah adminis desktop linux. untuk admin webserver di linux dan lain-lain akan saya bahas lebih lanjut di tulisan lain (FTP, Samba dll), mengingat sudah larut malam dan istri mengajak sunnah rosul (sholat tahajjud maksudnya) saya akhiri dulu. semoga bermanfaat dan salam goblooge.

Comments

total comments