October 14, 2012 thumb Aplikasi android wajib untuk Programmer

huf, akhirnya, setelah sekian lama request belum terpenuhi, akhirnya terbayar sudah dengan tulisan ini. Ok alkisah salah seorang pembaca menginginkan saya untuk menulis aplikasi-aplikasi android yang khusus untuk para programmer. hm… sebenarnya banyak juga seh, tapi mereka meminta supaya saya yang memilihkan (arrggghh…. guaya), OK berikut ini adalah aplikasi-aplikasi wajib di android untuk para programmer. karena untuk programmer ya tentu saja bahasanya berkisar kepada para programmer.

  • AIDE : merupakan aplikasi untuk melakukan developing aplikasi android. bayangkan anda membuat aplikasi android langsung di  device android anda. tersedia berbagai library milik android, fitur autocompleting dan lain-lain. anda bisa langsung compile dan run aplikasi anda langsung di device android anda. selain itu jug abisa menambahkan berbagai library tambahan secara manual jika memang anda butuhkan.
  • JavaIDEDroid : bayangkan anda dapat menggunakan Eclipse di HP android anda. yup itulah yang ditawarkan JavaIDEDroid. aplikasi ini mampu melakukan compilasi  Java langsung di Android anda.
  • PAW server : anda mungkin pernah mendengar XAMPP dan WAMP, dua aplikasi server Apache Server dan MySQL Server yang terintegrasi menjadi satu. nah ada aplikasi serupa yang berjalan di Android, namanya PAW server. aplikasi ini memberikan anda server layaknya apache server pada XAMPP dan WAMP, semuanya dapat diakses via Browser melalui jaringan Wifi ataupun 3G.
  • KWS : aplikasi ini mirip dengan aplikasi sebelumya. KWS merupakan Web Server yang berfungsi untuk mengemulasikan Apache Server dan MySQL Server. kelebihan KWS adalah ia mampu meberikan DNS dan download apapun dalam format .tar, .zip dll.
  • Web Sharing : merupakan aplikasi file sharing android yang mana anda dapat mengakses file-file yang ada di Device Android anda melalui Web. ia menggunakan jaringan Wifi dan 3G untuk keperlua transfer File.
  • File Expert : sama seperti Web Sharing , File Expert memberikan anda kemudahan untuk melakukan sharing. kelebihanya File Expert mampu melakukan Mapping Drive di Jaringan layaknya sistem operasi betulan.
  • Remote Web Desktop : aplikasi ini juga mirip dengan aplikasi sebelumnya, yaitu untuk file sharing, tetapi Remote Web Desktop dapat memberikan berbagai kelebihan seperti Mengakses Kamera Handphone anda via komputer (jadi mirip seperti handphone spy), mengendalikan Handphone anda dari via web, men-download dan meng-upload dile di Device Android  anda.

oke demikian yang bisa saya bahas, kalau ada yang ingin bertanya mengenai hal lain atau sekedar menambahi silakan comment atau kontak saya . Salam Goblooge. 😀

Comments

total comments