October 11, 2016 thumb Aplikasi Android Wajib buat Para Programmer PHP

bagi para programmer PHP, terkadang pas lagi enak-enaknya kita jalan-jalan si bos telepon kalau ada masalah di update terbaru dari file yang PHP yang kita kirim. padahal saat itu system sedang running sedangkan kita sedang tidak ada di rumah alias lagi jalan-jalan sama keluarga mungkin. tetapi bagaimanapun juga system yang running tidak sempurna akan menimbulkan masalah terutama sekali pada data yang sudah terlanjur masuk.

sebagai programmer kadang kita sering lupa kurang satu kolom yang harus di tambahkan , atau syntax SQL yang kelupaan tanda petik dll yang kadang kita harus jauh-jauh balik kerumah hanya untuk membetulkan titik koma atau bahkan titik. ya itulah, karena “karena salam tanda petik setitik rusak source code sebelanga”.

nah bayangkan pada saat kita lagi enak-enaknya jalan, trus si bos telpon kalau ada masalah di System, kita bisa cek via smartphone dan kemudian kita bisa betulkan sekaligus test di Smartphone atau mungkin bahkan kita bisa secara langsung deploy ke server dengan menggunakan koneksi internet. sehingga kita tidak perlu repot-repot balik kerumah cuma untuk membuang tanda petik. nah ini lah beberap asoftware yang ada di android yang ingin saya bahas yang mana memudahkan kita kalau dalam kondisi darurat tapi diminta untuk membetulkan source code. sebagian ada yang berbayar sebagian ada yang free.

  • KSWEB Server : software ini ada versi pro, fungsi dari software ini di android adalah menyediakan PHP, Apache dan MySQL secara lengkap sehingga android kita seolah-olah menjadi Server Web. atau bahasa sederhananya XAMPP versi android. dengan menggunakan tool ini kita bisa melakukan manajemen database menggunakan PHPMyAdmin sekaligus men-deploy sebuah website, tentu saja untuk tujuan testing disaat darurat. sebenarnya ada banyak aplikasi lain, tapi saya rekomendasi KSWEB karena saya sendiri pakai dan relatif lebih stabil di banding yang lain. sayangnya untuk menikmati fitur yang full harus bayar sekitar $10. tapi menurut saya pribadi itu adalah harga yang layak untuk mendukung pekerjaan. aplikasi ini bisa di download di playstore.
  • AWD atau Android Web Developer :  pernah dengar Eclipse, atau PHPStorm atau CodeLite, ya fungsi dari AWD adalah sebagai IDE untuk Web Developer. terdapat berbagai fitur seperti autocomplete dalam satu project. integrasi dengan Git dan seabrek fitur yang lain. tentu untuk menikmati fitur full ada harga yang harus dibayar. dan sekali lagi sampai detik ini untuk masalah IDE Web di Android saya belum menemukan yang lebih powerfull dibanding AWD (CMIIW).  aplikasi ini bisa di download di playstore.
tampilan AWD ketika dijalankan

tampilan AWD ketika dijalankan

  • Connect Bot : sebenarnya fiturnya sama persis dengan Putty yaitu untuk melakukan konesk SSH ke server. ini sangat berguna kalau kita menggunakan Git sebagai tool untuk manajemen repository kita. aplikasi ini akan melakukan remote pada server yang mana kita bisa melakukan update pada file-file PHP menggunakan perintah Git. aplikasi ini bisa di download di playstore secara gratis.
Connect Bot saat Berjalan

Connect Bot saat Berjalan

  • FileZilla : kalau kebetulan tidak menggunakan git dan lebih senang menggunakan FTP untuk update ke server. kita bisa menggunkan FileZilla, ya file PHP kita yang sudah kita edit dengan IDE di handphone dapat secara langsung di upload ke server menggunakan FileZilla for android. aplikasi ini tersedia di playstore dan termasuk aplikasi gratis.
File Zilla

File Zilla

  • SQL Client : pernah pakai MySQL Workbench, iya dia adalah padanan dari MySQL Workbench untuk android. dengan tool ini kita meng-import, export atau melakukan DDL, DML pada sebuah database MySQL, baik yang terdapat pada local Android ataupun menggunakan koneksi internet. aplikasi ini tersedia secara gratis di playstore.
Tampilan SQL Client

Tampilan SQL Client

  • PHP Complete Manual : nah yang terpentin dari semua itu adalah membawa manual PHP kalau-kalau kita lupa. ya aplikasi ini memasukan semua Manual PHP kedalam sebuah aplikasi yang mana kita bisa baca atau lihat atau mungkin search secara offline di smartphone android, cukup berguna bukan untuk jaga-jaga kalau –  kalau kita lupa dengan suatu syntax. tersedia di playstore dan pastinya gratis.
Tampilan dari PHP Manual Complete

Tampilan dari PHP Manual Complete

inilah senjata-senjata yang kadang saya gunakan ketika dalam kondisi kepepet. lagi enak-enaknya di luar nongkrong bareng sama geng di warung dotong eh diminta untuk mengubah title dari sebuah input text, kan kalau langsung dari HP kan bisa enak nggak perlu repot-repot bolak – balik sana sini. oke ini yang bisa saya share, sampai jumpa di tulisan berikutnya, Okey Donkey dan Salam Goblooge.

Comments

total comments