March 27, 2018 thumb Aplikasi Android buat kuliah

kamu kuliah, well jaman now para mahasiswa yang lagi kuliah, pasti punya dan pakai yang namanya laptop, nggak tanggung lagi ada juga yang selain punya laptop juga disokong gadget yang menurut saya overspec (saya sering melihat mahasiswa dan mahasiswi yang gadgetnya overspec dan cuma dipakai untuk ya whatsapp, line, instagram, kecuali kalau kalian jurusan design dan fotografi). nah biar itu HP tidak overspec dan malah mubadzir coba install beberapa aplikasi dibawah ini yang mana bisa dipakai untuk menyokong kuliah. aplikasi dibawah ini tidak hanya untuk anak IT tapi semua jurusan bisa pakai.

SlideShare

aplikasi yang satu ini digunakan untuk sharing berbagai slide presentasi yang mana dapat membantu kita untuk memahami sebuah konsep dengan lebih cepat dan ringkas. tentu saja harapanya setelah mendapatkan gambaran yang ringkas kita bisa mendapatkan gambaran besar atas apa yang kita pelajari sehingga detailnya bisa kita pelajari dengan lebih mudah. silakan di sedot di playstore.

Mendeley

lagi thesis S2 dan butuh ngerjakan paper, dalam paper tentu ada yang namanya citation, nah software ini di design khusus supaya kita dapat dengan mudah memberikan citation pada paper milik kita sehingga tidak terjadi yang namanya plagiasi. kalau jaman dulu bikin citation manual alis di pilah-pilah dan dipilih sendiri mana – mana yang jadi citation, sekarang cukup beberapa kali klik dan citation sudah jadi, ringkas dan mudah.  silakan download di playstore.

WolframAlpha

kalau apps yang satu ini tidak usah diragukan lagi kegunaanya, iyup dengan software ini kita bisa melakukan visualisasi data, perhitungan matematika bahkan sampai penyelesaian persoalan matematika dengan cepat dan mudah. apakah hanya untuk mahasiswa IPA, tidak ternyata untuk ilmu sosial pun wolfram alpha menyediakan API supaya dipakai. mahasiswa statistik juga bisa menggunakan software ini untuk berbagai macam analisa. sedot di playstore.

Studious

aplikasi yang satu ini berguna untuk mengatur jadwal kuliah, tentu saja jadwal kuliah yang mana kita bisa menyelipkan tugas dan berbagai macam data kuliah untuk kepentingan perkuliahan. ada beberapa aplikasi sejenis seperti school planner yang mana memiliki lebih banyak fitur, satu kelemahan dari aplikasi ini adalah in app purchase dan iklan , tetapi kalau dilihat dari fungsinya worth it lah. sialkan download di playstore.

sebenarnya banyak seabrek aplikasi lain yang tidak saya masukan, tetapi dengan 4 aplikasi ini saja, waktu jaman saya kuliah dulu saya sendiri yang pernah pakai slideshare dan wolfram alpha tapi dua aplikasi lainya yakni studious dan mendeley tidak pernah pakai karena yang satu dipakai untuk thesis sedang saya tidak ambil S2 sedang satunya lagi belum ada waktu jaman saya kuliah, tapi dari beberapa teman yang rekomendasi dua aplikasi itu. BTW kenapa gak lanjut kuliah mas ? well, karena pas mau ngambil beasiswa S2 anak saya lahir, khawatir tidak kenal Buapaknya jadi saya urung. kan nggak lucu sih ketika anaknya ditanyai bapakmu mana ? Bapak Nggak ada 😀

Comments

total comments