September 23, 2017 thumb Android Launcher serasa Console Linux dengan T-UI #Part 1

beberapa waktu lalu iseng-iseng nyari ngetik terminal di playstore, tak sengaja nemu T-UI aplikasi launcher yang mana memiliki tampilan serasa terminal linux. iya , tidak seperti kebanyakan launcher yang menggunakan gui dan tinggal main sentuh pada icon tertentu, launcher yang satu ini malah membuat sebaliknya, user biasa akan dibuat kebingungan karena tidak ada icon sama sekali yang ada malah hanya tulisan layaknya console atau terminal di linux (console linux itu seperti command prompt atau cmd di windows).

untuk user yang terbiasa dengan console linux, mungkin dalam beberapa menit sudah bisa adaptasi tapi untuk user yang paranoid dengan console tentu ini akan membingungkan, untuk itu saya sarankan bagi yang tidak terbiasa dengan console linux, sebaiknya jangan dicoba (sebenarnya aman untuk dicoba, tapi kalau tidak tahu triknya untuk mengembalikan bisa-bisa perlu di bawa ke service HP hanya gara-gara salah settings – dan saya juga tidak yakin semua abang-abang service HP ngerti tentang hal ini ).

trus apa gunanya, kok malah nyusahin ? kadang cara tersusah adalah cara yang aman untuk melindungi HP dari tangan jahil (setidaknya untuk user pemula, kan lumayan tuh, yang suka usil kepo chat sama si do’i jadi g ngerti caranya).

well lanjut, untuk menginstall aplikasi ini sangat mudah, cukup cari di playstore, tersedia secara gratis. tinggal install dan jalankan. setelah itu tampilan home android anda akan berubah menjadi console based. tak ada icon – tak ada data. semunya text based (saran saya untuk pengguna pemula, waktu menekan home, akan muncul pilihan apakah ingin menggunakan T-ui ataukah launcher lain. pilih T-ui “Just Once” karena kalau always dan kebetulan belum paham cara pemakaian untuk mengembalikanya agak tricky.

Tampilan Default T-ui, mirip console, mau running aplikasi , ketik dulu gan.

Tampilan Default T-ui, mirip console, mau running aplikasi , ketik dulu gan.

setelah anda berhasil menginstall, halaman anda akan berubah drastis, nah taruhlah sudah terlanjur pilih “always” saat menekan tombol home, yang mana menjadi T-Ui sebagai default launcher. ditekan back atau home berkali-kali pun akan muncul T-Ui karena sudah menjadi default launcher untuk mengembalikan , berikut langkahnya.

  • slide kebawah toolbar / status bar diatas (toolbar itu tempat notifikasi), pilih settings – gambar gear dibagian pojok kanan atas toolbar atau jika kebetulan toolbar bingung tidak bisa diakses, dari tampilan console Tui silakan ketikan settings, maka menu settings akan muncul.
  • nah dari menu settings – tuju  menu home, akan muncul pilihan default launcher, silakan  pilih sesuai keinginan, kebetulan milik saya , memakai Xperia Home.
vMengembalikan Launcher dari T-ui ke Default launcher, kebetulan milik saya Xperia Home.

Mengembalikan Launcher dari T-ui ke Default launcher, kebetulan milik saya Xperia Home.

sampai disini dahulu, pada tulisan berikutnya saya akan bahas bagaimana cara meng-custom Tui, karena ternyata Tui bisa di custom sedemikian rupa sesuai keinginan. seperti mengganti theme, menambahkan background, posisi input console, bahkan jika kebetulan Android-nya ter-root bisa dipasangi Busy Box untuk meningkatkan fungsionalitas. jadi tunggu tulisan berikutnya ( Android Launcher serasa Console Linux dengan T-UI #Part 2 ) Okey Donkey dan Salam goblooge.

Comments

total comments