September 15, 2008 thumb Aman tanpa Antivirus !!!

Assalamu’alaikum. salam kenal semuanya….
ngeliat judulnya pasti teman-teman banyak yang protes, masak kita bisa aman tanpa menggunakan antivirus padahal di dunia maya sana, banyak mafia Internet yang siap mengancam. ditambah lagi kita tidak pernah tahu kapan dan bagaimana para pencuri itu beraksi.

sebenarnya semua itu tergantung pilihan, alasan saya tidak menggunkan Antivirus karena :
1. Antivirus bisa bikin computer lambat, gara-gara real time memeriksa tiap file.
2. Antivirus kadang salah mendeteksi, (tau gak Installer Antivirus AVG dicurigai sebagai Virus oleh AVG sendiri lucu kan ;-} ).
3. Antivirus kadang membuat jengkel saya atas beberapa hal.

bagi temen-temen boleh setuju dan boleh tidak setuju, tapi selama 4 tahun ini saya tidak lagi memakai Antivirus, dan Alhamdulillah aman dan komputer saya sehat wal afiat. yang setuju silakan ikuti (tapi aku gak mau tanggung jawab lho klo ada masalah ;o) ). yang gak ya mohon maaf.
ini cara :
1. mengenali karakteristik Virus sebelum Virus Aktif
selama memiliki komputer, virus yang mampir di komputerku ada banyak, tapi masih dalam satu jenis, yaitu Virus lokal yang ditulis pake bahasa visual basic. belum pernah aku kena virus International (orang indonesia jago bikin Virus ya…). untuk itu, yang penting adalah mencegah virus itu mampir dikomputer kita. kalo virus keburu mampir, aku belum pernah nemuin satu Antivirus pun yang bisa membuat normal kembali 100%, kalu yang lumayan sich PCMAV. tapi tetep aja kerja komputer tidak seperti sebelum kena virus.
virus buatan Lokal memilki beberapa ciri, biasanya menyamar sebagai folder tapi kalau di explorer di tampilkan secara detail ekstensinya .exe kalau menemui hal seperti ini, pasti ini adalah virus, langsung saja di shift+delete.
selain itu virus juga menyamar menjadi file-file lain seperti .jpg, .bmp dan lain-lain, ini memanfaatkan kelalaian manusia, ekstensi file virus tetap .exe namun ia merubah nama mejadi virus.jpg.exe bagaimana pun jika kita lihat dari detail view filetypenya tetap apllication. pembuat virus menyamarkan namanya menjadi seperti diatas, dengan tujuan korban tertipu dan mengeksekusi virus itu karena disangka file gambar padahal bukan. jika menemui file dengan 2 ekstensi .jpg.exe / .bmp.exe / .doc.exe dll pasti itu virus langsung saja shift + delete. walaupun iconya mirip gambar/filedoc atau lainya.
dalam hal ini harus hati-hati, saran penulis tampilkan jendela explorer dalam bentuk detail, dan waspadai file dengan type application. kalo file selain ini dijamin aman.
kesalahan orang biasanya meneymbunyikan ekstensi file yang sudagh dikenali seperti gambar, music dll. misalnya jika kita sembunyikan di eksplorer akan terlihat sbb :
name type
————————————————————————————
bebek JPEG image file
kuda Winamp Music file
virus.jpg Application —> ini nich yang perlu diwaspadai

jika mendapati yang seperti ini, coba buka folder option dan pilih advance, buang centang di “Hidden filetype for known file” dan lihat apa yang terjadi :

name type
————————————————————————————
bebek.jpg JPEG image file
kuda.mp3 Winamp Music file
virus.jpg.exe //type ganda Application —> ini nich yang perlu diwaspadai

kadang-kadang virus disamarkan dengan cara seperti ini

name type
————————————————————————————
bebek.jpg JPEG image file
kuda.mp3 Winamp Music file
virus.jpg. exe Application —> ini nich yang perlu diwaspadai

lihat namanya dipanjangin pake spasi biar orang tertipu “virus.jpg. ” dengan demikian ekstensi dari virus akan tersembunyi dan menipu korban pemula.

2. mencegah virus aktif
untuk mencegah virus yang aktif hati-hati dalam mengklik sesuatu, virus masuk lewat banyak jalan, namun aktif lewat dua cara, yaitu dieksekusi oleh user dan dijalankan oleh autorun milik windows. untuk masalah kedua matikan saja Autorun Windows caranya lihat postingan saya tentang tip ngebut XP.

3. apakah komputer saya kena virus ?
untuk menjawab pertanyaan ini gampang, caranya klik aja ctrl+alt+del kalau task manager muncul 70% komputer anda tidak kena virus, tes lain lagi jalankan run dan ketik regedit lalu tekan enter kalo masih bisa, komputer teman-teman masih sehat wal afiat. kok bisa yakin ? iya soalnya 2 tooll windows itu yang bisa mengancam keselamatan virus, eh satu lagi, virus juga sering mampir di C:/WINDOWS/system32/ nama_virus.exe

4. mengapa Visual Basic ?
jawaban number wahid yang membuat para Virus maker untuk membuat virus dari visual basic adalah karena visual basic menyediakan akses secara mudah dan cepat ke dalam system windows terutama registry. bisanya virus akan masuk di bagian run sehingga ia terus berjalan saat windows di start up.

5. karakter virus Visual Basic ?
virus visual basic, memilki kecenderungan utama untuk mengunci Regedit, mengunci Task manager, masuk di registry bagian run, mengunci command prompt,dan menyembunyikan proses. habis itu terserah programmernya mau dikasih fitur apa ?

6. apa yang harus dilakukan kalau kena Virus ?
kalo virus sudah aktif Antivirus pun tidak berkutik, satu-satunya cara “INSTALL ULANG”, yang berarti haru memformat C:/ kalau ada data penting di drive C:/ coba backup pake Linux ke Drive lain. lalu format ulang dech, beres.

7. Tips Teraman ?
mau aman, yang paling aman kalo kita ganti OS, dari Windows ke Linux, Linux lebih aman, soalnya semua hal yang melibatkan akses penting harus izin root, lagi pula juga jarang virus di Linux.

Comments

total comments