February 16, 2018 thumb 8 Tips biar tidak bingung saat mau jadi programmer

saya sering kali ditanyai, mas jadi programmer itu enak nggak sih ? jadi programmer itu enaknya bikin apa ya ? jadi programmer paling enak pakai bahasa pemrograman apa ya ? dan seabrek pertanyaan yang lainya. sering saya balas satu-satu tapi lama-lama capek juga , okelah kali ini saya share sedikit supaya mungkin yang ingin terjun bebas di dunia programming paling tidak tahu bagaimana sih dunia programming alilas jadi programmer itu rasanya seperti apa. oke saya jawab satu per satu pertanyaan yang sering muncul untuk yang pengen jadi programmer tapi masih maju mundur.

  1. Enak nggak jadi Programmer ? ini pertanyaan sering kali saya ditanyai, padahal sebenarnya jawabnya simple, tergantung si orangnya, dia suka programming atau tidak. pekerjaan itu ibarat cinta kawan, kalau mengutip kalimat seniman asli surabaya “Kalau Cinta Melekat Tai Kucing Rasa Coklat“. sesulit apapun programming kalau memang anda suka pasti akan dilakukan dengan senang hati, bahkan saya sendiri sampai bisa seharian semalam suntuk ngadepin monitor 32 Inch hanya untuk merapikan source code yang sudah kadhung amburadul. padahal tidak ada gaji lembur untuk merapikan source code. tapi sekali lagi karena saya senang saja programming, ya saya rapikan sendiri. intinya kalau anda suka, pasti senang. jadi jangan tertarik hanya karena gengsi, karena ngiler gaji gedhe, dst. Mbah Mukri nggak jadi programmer, istrinya 3 , rumahnya gedhe karena dia juragan Lele.  nggak pernah kuliah di IT tapi sempat jadi kuli uyah (garam) di kampung.
  2. Enaknya bikin apa ya ? sekali lagi ini suka-suka sama anda, kalau anda suka bahasa J2SE coba bikin aplikasi desktop, kalau suka Android ya sillakan belajar android, kalau suka python ya monggo itu si python diajak ngopi semalaman. lalu bikin apa, bikin apapun yang ingin anda bikin, sekalipun itu anda tahu bahwa nantinya tidak berguna setidaknya anda akan banyak pengalaman. ingat Linus Torvald pencipta Linux, membuat linux tak lebih hanya sekedar iseng dan coba-coba. anda suka dengan aplikasi web silakan bikin aplikasi web, walaupu hanya sekedar untuk pamer-pameran ke konco-konco yang gaptek. bikin, kembangkan, buang kembangkan lagi, pelajari kekuranganya kemudian kembangkan lagi. tanpa disadari aplikasi yang dibuat sudah besar dan mature sendiri.
  3. Enaknya Pakai Bahasa Apa ya ? ya bahasa programming lah, mungkin yang dimaksud adalah untuk kasus X enaknya pakai bahasa pemrograman apa, C, Java, PHP atau yang lain. pada dasarnya semua bahasa pemrograman memiliki kelebihan dan kekurangnya masing-masing dan pada dasarnya bisa digunakan untuk apapun tergantung si programmernya mau bikin apa. kita bisa bikin Game dengan C melalui Alegro, kita juga bisa bikin Aplikasi Web dengan Java memakai JSP, atau aplikasi under Console dengan PHP. cuma kalau sedikit referensi saat ini masa depan ada di dunia Mobile dan Web, bahkan mungkin sebentar lagi Pemrograman Web yang bakalan menjadi Future, mengingat RAM HP sudah semakin besar, dan processor pun semakin kuat, sehingg untuk kelas Desktop hanya akan di dominasi oleh Game dan Simulasi. untuk masalah yang satu ini kita bisa membuka dan ketik di mbah googlemost used programming language“, silakan pilih sesuai kebutuhan, intinya semua bahasa pemrograman sama. ambil salah satu atau salah dua, pelajari secara mendalam. jangan cuma main coba-coba, ibarat pacaran sering coba-coba makin ketahuan belangnya.
  4. Mau bikin program bingung mulainya dari mana ? mulailah dari bikin “hello world“. kemudian kembangkan sebagai aplikasi mandiri, utek-utek sedikit, tambahi fitur ini dan itu, memang pada awalnya tidak akan laku di jual, tapi setidaknya akan paham fungsi dan logika dari programming, lalu mulailah meng-efisiensikan source code. yang mana dengan sendirinya akan memaksa kita belajar struktur data, database, OOP , AOP, SOA dan seterusnya. jangan malu belajar lagi, karena saya sendiri walaupun sudah 12 tahun di dunia perkodingan, masih terus belajar dan belajar.
  5. Sudah bikin aplikasi tapi stuck nggak nemu-nemu caranya ? ingat malu bertanya sesat di jalan, tanyakan kepada yang pengalaman, belajar dari forum-forum programming, share dengan teman, minta pendapat. tidak ada masalah tanpa solusi. semua masalah ada solusinya, apalagi kalau kita yang muslim selalu ingat, “Bersama Kesulitan ada Kemudahan“. jadi internet sehat itu perlu, jangan cuma buka 9gag doang, sesekali boleh untuk sekedar rereshing, tapi kalau kelebihan ya tentu kurang baik juga.
  6. Sudah Belajar Rajin tapi nggak mudheng-mudheng juga ? programming itu ibarat matematika dan fisika, jangan dihafal tapi dipahami. sekalipun hafal 1000 rumus matematika dan fisika sampai perut murus, kalau nggak paham hanya sekedar hafal, mana bisa lulus ujian. palajari, ikuti alur logikanya. yang terpenting dari programming bukan Apa Spek PC-mu, atau seberapa hebat Smartphone-mu,  tapi seberapa kuat Logika, Algoritma dan Problem Solving-mu. saya sendiri membuat coding hanya menggunakan se buah PC Intel NUC dengan RAM 4GB, tapi bisa dipakai untuk melakukan Load data server yang harganya selangit. Hebat ? nggak biasa saja, kenalan saya malah bisa dengan RAM 1 GB bisa membuat searching ratus ribuan data kurang dari 10 detik. piye carane ? mbuh, yang jelas dia sudah 15 tahun kecimpungan di programming.
  7. apa nggak takut kalah sama senior ? nggak , saya beberapa kali ikut lelang software yang mana lawannya adalah senior saya sendiri. ini dunia IT bro, teknologi lama akan kandas berganti teknologi baru, jadi yang perlu ditakuti itu bukan senior, tapi junior yang rajin belajar. contoh, saya pernah di adu untuk ikut persentasi tentang teknologi mobile, saat itu, lawan saya pakai SMS Gateway, saya sendiri tidak mau pakai SMS gateway tapi langsung menggunakan Web Service. akhirnya malah saya yang kepilih, kenapa ? jaman sekarang SMS Gateway sudah ketinggalan jaman, (ada sih beberapa yang masih pakai), tapi rata-rata protocol HTTP dan Web Service sudah bisa dinikmati dengan enak karena adanya 4G. untuk saat ini teknologi Web adalah yang paling dominan dibanding yang lain. “wah hebat bisa ngalahin senior ?” enggak, karena pas jaman kuliah senior belum ada yang implementasi 4G, sedang jaman saya sudah mulai ada. jadi ya wajar kalau saya bisa, cuma salah si senior dia tidak mau upgrade kemampuan. jadi senioritas belum tentu menjadi penentu unggul tidaknya, tergantung situasi dan kondisi. kadang menang kadang kalah.
  8. bayaranya berapa ? besar nggak ? kalau bayaran tergantung situasi kondisi, orang melaut kadang dapat ikan besar kadang dapat ikan kecil. kadang sekali coding bisa dapat paus, kadang juga sekali coding cuma dapat teri, di syukuri saja, yang penting terus berjuang, jangan menakar kesuksesan anda dengan kesuksesan teman anda, atau kesuksesan orang lain. kenapa ? karena anda bukanlah teman anda, anda adalah unik ciptaan Allah, anda bebas berusaha selama sesuai dengan norma-norma. kalau dikit-dikit pengen uang banyak, wes pelihara sapi saja, dibuat supaya bunting tuh sapi, terus di jual. susah ? kurang gampang. pergi sana ke gunung kidul nyari tuyul.

oke demikian yang bisa saya share, barangkali mau nambahi kalau ada yang saah mohon sekalian di koreksi, semua tak lain adalah hasil pemikiran saya pribadi yang sering ditanyai enaknya jadi programmer apa ? kadang pengen sekali saya jawab “supaya bisa pamer ke calon mertua, sambil bilang, saya programmer lho bisa bikinin akun facebook, betulin HP, nge-block SMS, nge-flash HP dan nge-Root Android”. semoga bermanfaat “Correct me if i’am wrong”, sampai ketemu di tulisan saya berikutnya, Salam Goblooge.

Comments

total comments