August 6, 2016 thumb 5 Cara Memelihara Handphone agar awet

huah.. akhirnya setelah sekian lama nggak ngeblog, hari ini bisa juga sedikit meluangkan waktu untuk sekedar ber-bloging ria. nah kali ini saya mau share bagaimana cara memelihara HP agar tidak cepat rusak. tapi perlu diingat namany HP adalah buatan manusia, dan tentu saja tidak ada buatan manusia yang tidak mungkin rusak. tujuan kita tak lebih agar memperpanjang umurnya saja.

pada dasarnya tingkat keawetan HP selain dipengaruhi oleh fisik HP itu sendiri juga dipengaruhi pemakainya. pemakai yang merawat Handphone-nya tentu akan lebih awet dibandingkan dengan pemakai yang asal pakai. jadi kita akan merubah kebiasaan yang dapat memperpendek usia HP kita. berikut ini adalah 5 cara merawat HP agar tahan lama :

  1. Gunakan Softcase asli dari Pabrikan HP : setiap Handphone pasti punya softcase pabrikan miliknya atau yang authorized. memakai softcase yang sembarangan terutama yang berharga miring akan memperpendek usia HP. kenapa ? banyak softcase murah di luar sana yang dibuat dari bahan yang tidak menyerap panas. sehingga panas tertahan di HP. alhasil HP semakin panas dan panas, sehingga pada akhirnya usia akan menjadi pendek. lebih bahaya lagi kalau sampai HP meledak.
  2. Jangan di Charge semalaman : siapa yang hobinya nge-charge HP sambil dengerin lagu pake headset sampai pagi ? hati-hati saja. banyak kasus HP meledak akibat hal seperti ini. mencharge HP sambil mendengarkan musik, memaksa HP untuk bekerja multitasking, dan ini merupakan pekerjaan berat, apalagi ditambah music streaming, pake quota internet. hm… tinggal nunggu aja. untuk masalah merawat battery sebenarnya sudah saya bahas pada tulisan Pelihara Battery Handphone.
  3. Matikan Network saat tidak digunakan : banyak diantara kita yang koneksi Wifi atau Bluetoothnya dibiarkan terus – terusan menyala padahal sedang tidak digunakan. saya sendiri biasanya mematikan koneksi baik bluetooth maupun wifi ketika sedang tidak saya gunakan. apalagi paket data (pengecualian anda menggunakan BBM atau Whatsapps dan itu dipakai untuk kerja). saya sendiri (yang merupakan orang IT) lebih senang tidak sering online (kecuali kalau ada butuhnya). saran saya, dimalam hari matikan saja network, selain mengganggu jam istirahat juga bisa bikin HP anda kerja keras. toh besok paginya bisa online dan semua messege bisa masuk. “Bro ane kan butuh konesik 24 jam ? “, halah paling juga Chatting Whats Apps dari pacar. ini termasuk pula saat kita berada di Kereta, di Pesawat, di Kelas, waktu tidur, lebih -lebih waktu sholat, intinya matikan saat tidak digunakan.
  4. Buat Free Space yang besar pada Internal Storage : jika HP kebetulan memiliki External Storage sebisa mungkin pindahkan data seperti Foto Narsis, Pilem Bokap, Music Coveran-mu ke External Storage, mengapa ? begini, cara kerja semua Operating System (mau Linux, Android, Windows maupun Mac ) menggunakan Storage Utama sebagai cache sebagai penambahan dari memory atau RAM. semakin lega cache memory pada storage semakin sedikit pula data yang di Load di RAM. memenuhi storage utama dengan banyak data, membuat data yang di proses hanya full di RAM, sehingga RAM akan bekerja sangat keras, yang pada akhirnya akan memperpendek usia RAM. btw apa itu RAM ? silakan tanya embah google. mungkin lain waktu akan saya share bagaimana cara membbuat supaya Internal Storage HP jadi Lega.
  5. Perhatikan cara pakainya : cara pakai adalah yang terpenting, walaupun HP ada yang bisa sampe tahan banting. ya jangan dibuang-buang atau dibanting-banting. memakai untuk game terutama, sebaiknya dibatasi, ketika HP sudah menunjukan panas yang berlebih segera matikan game. toh game sekarang bisa di pause, daripada nanti HP rusak nggak bisa main game. anak-anak pun nggak usah dikasih HP, buat apa juga, saya sendiri yang orang IT, anaku hampir tidak pernah pakai HP. HP jangan diajak tidur apalagi diletakan di bawah bantal, selain bikin panas, nggak bagus untuk kesehatan. jangan ngelonin HP, jomblo kok terus. nikah sana. saya punya pengalaman pahit soal ngelonin HP, waktu itu istri saya lagi tidur sama anaknya, HP diletakan di samping, anaknya ngompol, konslet dah tuh HP. batterynya rusak. mau ganti bayar 2 juta, akhirnya “Aku juga yang disalahkan”.

kira-kira itu saja yang bisa saya share, maaf kalau tidak berkenan. ini murni pengalaman pribadi. kalau ada yang mau nambahi saya persilakan. salam goblooge.

Comments

total comments