September 4, 2016 thumb 5 Aplikasi Scanner di Android

smartphone, hampir dimiliki semua orang, bahkan saya pernah melihat dengan mata kelapa saya sendiri, seorang tukang becak memiliki Handphone android yang menurut saya agak berlebihan untuk mereka. kamera handphone saat ini memiliki resolusi yang cukup mengerikan (aplagi sampai ada yang 21MP), tentu hal ini bisa dimanfaatkan untuk hal lain, selain foto narsis kita sendiri. iyup, scanner dokumen. saat ini sebagian scanner dokumen asli pun resolusi-nya kalah dengan sebagian camera yang ada di smartphone. jadi jika smartphone anda memiliki kamera yang cukup mengapa tidak dimanfaatkan maksimal. nah kali ini say aingin sedikit membahas perbandingan 5 aplikasi scanner kamera yang sudah sering saya gunakan. berikut ulasanya.

Office Lens

Tampilan Office Lens

Tampilan Office Lens

Produk milik Microsoft ini memang bisa dikatakan product yang paling bagus diantara produk scanner yang ada (Opini). selain untuk scanning document, dia menyediakan free 5GB penyimpanan Online. tentu hal ini menjadi menarik karena data langsung sinkron dengan OneDrive. dia bahkan bisa melakukan pengambilan gambar, auto adjust gambar dan bahkan membuat effect layaknya sebuah dokumen yang di scan (dengan meningkatkan kontras gambar).

 

Hasil Office Lens

Hasil Office Lens

 

CamScanner

Fitur yang Penuh

Fitur yang Penuh

Produk Milik Instig ini memiliki kemampuan Unggulan pada effect yang dimiliki olehnya. salah satu effect yang paling saya minati adala Magic Color yang menjadikan sebuah dokumen layaknya sebuah Hasil Scan Betulan. hasil cukup memuaskan. selain itu juga memberikan penyimpanan online sebesar 200MB tapi bisa diperbesar dengan cara membayar atau melakukan referral, dan ini merupakan satu-satunya hal yang menurut saya kekurangan (Office Lens saja memberikan 5 GB). fitur auto adjust yang diberikan cukup bagus, tapi terkesan lambat karena adanya animasi.

Hasil Camera Scanner

Hasil Camera Scanner

Tiny Scanner

Tampilan Yang Sederhana

Tampilan Yang Sederhana

seperti namanya cepat, mudah dan sangat ringan. kemampuanya membuat sebuah data scanner memang tidak kalah dengan dua diatas. tapi kelebihanya adalah dia memberikan kecepatan yang luar biasa saat melakukan scanning. hanya dalam hitungan kurang dari satu detik hasil sudah bisa ditampilkan (tentu berbeda dengan yang dua sebelumnya, tool ini cocok untuk HP yang Low End). kalau kebetulan HP anda memiliki RAM yang pas-pasan bisa menggunakan Tiny Scanner. kelemahanya Tiny Scanner adalah tidak adanya penyimpanan Online. fitur auto ajdust image merupakan yang terbaik dari semua yang ada, cepat tanpa animasi.

Hasil Tiny Scanner

Hasil Tiny Scanner

Fast Scanner

Tampilan Fast Scanner

Tampilan Fast Scanner

Deteksi Manual

Deteksi Manual

Hasil Fast SCanner

Hasil Fast SCanner

sebenarnya tool ini layak untuk dijadikan sebagai tool yang cepat dan bersaing dengan Tiny Scanner, satu-satunya yang saya tidak sukai adalah munculnya iklan yang cukup mengganggu. tapi bagi yang tidak memiliki koneksi internet, maka tidak perlu khawatir terganggu dengan iklan – iklan yang muncul. Hasil scan cukup terbaca, ditambah dengan kecepatan setara dengan Tiny Scanner. fitur auto adjust documentnya bagus. kelemahan yang membuat saya kurang suka adalah tidak adanya fitur border detect sehingga untuk melakukan adjustments harus meletakan border sendiri pada gambar.

PDF Scanner

Tampilan dari PDF SCanner

Tampilan dari PDF SCanner

sama dengan Fast Scanner, Iklan yang menurut saya menggangu juga terdapat dalam aplikasi ini (untuk menghilangkanya cukup membeli fitur Pro),  dia juga tidak memberikan opsi penyimpanan Online. satu-satunya kelebihan yang dimiliki adalah melakukan penyimpanan ke bentuk PDF, langsung.

Hsil PDF Scanner

Hsil PDF Scanner

Menurut Kesimpulan Saya Office Lens menang Telak dibanding yang lain, tetapi bagi pembaca yang menginginkan Program yang Ringan, bisa menggunakan Tiny Scanner. oke demikian yang bisa saya share, lain kali saya sambung lagi. Okey Donkey dan Salam Goblooge.

 

 

 

 

Comments

total comments