May 18, 2016 thumb 20 Command Line Tool untuk Para Admin Linux – Part 4

akhirnya bagian 4. ini adalah seri terakhir dari rentetan beberapa Tulisan, tulisan ini adalah sambungan dari tulisan 20 Command Line Tool untuk Para Admin Linux Part – 3.  berikut ini adalah Tool berikutnya :

16. VnStat – Monitoring Network Bandwidth

merupakan sebuah tool untuk me-monitor penggunaan bandwidth pada interface tertentu. jadi kita dapat me-monitor lewat mana bandwith terbanyak, lewat jagingan wifi kah, jaringan bluetooth kan, atau jaringan LAN. vnstat akan menampilkan data statistics berdasarkan waktu sehingga mudah bagi kita menganalisa.

VnStat

VnStat

17. Nagios – Network/Server Monitoring

Tool yang diapakai untuk me-monitoring system yang bisa digunakan oleh para admin utnuk mengidentifikasi dan melakukan perbaikan pada server yang mengalami masalah sebelum terjadi hal serius. dengan nagios admin dapat me-monitoring Linux, Windows, Switches, Routers dan bahkan Printer dalam jaringan. nagios akan menampilkan warning jika terdapat sesuatu yang salah pada jaringan sehingga admin bisa segera memperbaiki sebelum masalah serius terjadi.

18. Nmon – Monitor Linux Performance

kependekan dari Nigel’s Performance Monitor. tool ini digunakan untuk memonitor semua sumber daya komputer, seperti CPU, Memory , Disk Usage, Network, Top Process, NFS , Kernel dan lain-lain. tool ini dapat dibuat dalam 2 mode, Online Mode dan Capture Mode. Online mode akan menampilkan secara real time dalam monitor, sedangkan Capture Mode akan di output dalam sebuah file CSV yang mana bisa dibaca admin nanti.

NMON

NMON

19. Collectl – Satu Tool untuk Memonitoring semua peforma PC

Tool ini berfungsi untuk memonitor peforma PC. semua data ditampilkan secara Real Time mulai dari CPU, Memory, Network, Inode, Process, NFS, TCP, Sokets, Disk I/O, Network I/O. semua ditampilan dalam bentuk table yang mudah dibaca sehingga admin bisa mengetahui apakah system kelebihan beban atau tidak.

Collect CTL

Collect CTL

20. sysv-rc-conf – Service Management

Pernahkan dalam satu server kita meingstall berbagai service untuk keperluan kantor, seperti Samba Server, MySQL Server, Apache Server, Mail Server, SSH Server, DNS Server, Proxy Server dan lain-lain. kira-kira jika kita melakukan manajemen pada tool – tool tersebut secara manual tentu akan merepotkan karena jumlah buanyak. nah tool ini berfungsi untuk memudahkan bagi admin dalam memanajemen service yang ada di server. sehingga admin dengan mudah untuk mengubah, me-restart, menghidupkan dan mematikan Service tertentu. semua ditampilan dalam bentuk text mode, tapi jangan khawatir penggunaanya cukup mudah tinggal centang menggunakan Space. selain itu tool dapat melakukan manajemen pada behavioral service, seperti on/off autorun service saat startup.

sysv-rc-conf

sysv-rc-conf.

akhirnya selesai sudah 20 Command Linux yang biasa dipakai para admin. lain waktu saya akan bahas satu per satu penggunaan tool-tool ini (sebenarnya mau cuma saya bahas 3 -4 saja, tapi ada yang contact, saya minta dibahas semuanya, Okey Donkey dah, yang penting bermanfaat). sampai ketemu di tulisan selanjutnya. salam goblooge.

Comments

total comments