May 17, 2016 thumb 20 Command Line Tool untuk Para Admin Linux – Part 3

pada dua tulisan sebelumnya (20 Command Line Tool untuk Para Admin Linux – Part 2) , saya telah membahan 10 Tool untuk Admin Linux, kali ini saya bahas 5 lagi tool untuk para admin linux (semoga g bosan 😀 ). pada tulisan kali ini akan lebih berfokus pada network karena memang administrasi linux rata – rata khusus untuk networking.

11. NetHogs – Monitor Per Process Network Bandwidth

NetHogs adalah program kecil ( cuma berukuran 25 KB ) yang diguankan untuk memonitor penggunaan bandwidth pada setiap program. jadi jika anda menggunakan Messenger, Email Client, Browser dll yang terhubung dengan jaringan , kita bsia memonitor program mana yang paling banyak menggunakan Bandwidth jaringan.

NetHogs

NetHogs

12. ifTop – Network Bandwidth Monitoring

iftop hampir mirip dengan nethogs , tetapi dia menunjukan darimana asal data dan kemana data tersebut dituju. sehingga kita bisa spesifik memonitor website mana yang menyedhot bandwidth terlalu besar.

iftop

iftop

13.Monitorix – Monitoring Sistem dan Jaringan

adalah sebuah tool kecil dan ringan yang dibuat untuk berjalan dan memantau resoource sistem serta jaringan pada server linux. ia memiliki Web Server sendiri yang setiap saat akan melakukan pengambilan data pada jaringan dan sistem yang mana akan ditampilkan dalam bentuk grafik. ia akan mencatat rata-rata penggunaan Memory, Harddisk, Service, Mail Statistics , MySQL dan lain – lian yang mana akan membantu mendeteksi Kegagalan, dan Bottlenecks.

14. Arpwatch – Ethernet Activity Monitor

tool ini digunakan untuk memonitor perubahan IP pada sebuah MAC Address dalam sebuah jaringan Ethernet di Linux. seacra real time dia akan memmonitor perubahan IP pada seluruh MAC Address. fitur yang sangat membantu adalah dia akan mengirim email ketika sebuah ip berubah atau bertambah kepada admin. cocok digunakan jika berada pada jaringan yang memang untuk provate sehingga jika ada yang mencoba ingin masuk, admin dapat mengetahuinya.

ArpWatch

ArpWatch

15. Suricata – Network Security Monitoring

merupakan tool yang digunakan untuk memmonitor keamanan jaringan dalam linux.  dia dapat berjalan baik di Linux, FreeBSD, dan bahkan windows. menurut websitenya, 3 kelebihan dari suricata adalah High Scalable (yang artinya dia adalah multithreaded), Protocol Identification, dan File Identification, MD5 Checksums, and File Extraction. apa artinya bisa dicari sendiri websitenya. sejujurnya saya sendiri belum pernah pakai, tapi para admin linux ditempat saya bekerja, sering menggunakan suricata.

okey, demikian 5 Tool ketiga dari seri Tool untuk para admin linux ini. silakan baca 20 Command Line Tool untuk Para Admin Linux – Part 4. Okey Donkey dan salam gobloooge.

Comments

total comments