May 15, 2016 thumb 20 Command Line Tool untuk Para Admin Linux – Part 2

tidak menyangka, dari tulisan kemarin banyak yang nge-share, bahkan ada yang email kepada saya, berikutnya supaya segera ditulis. oke-oke ini merupakan kelanjutan dari tulisan 20 Command Line Tool Untuk Para Admin Linux – Part 1. dan kali ini masih sama kita akan belajar kegunaan command tool di linux.

6. Iotop – Monitor Linux Disk Input and Output.

fungsinya pada dasarnya sama dengan Htop, tetapi dia lebih spesifik untuk memonitor secara real time process I/O pada disk. Tool ini sangat berguna untuk menemukan process mana yang menggunakan Read / Write Access tertinggi. sehingga anda dengan mudah dapat menemukan apa yang menyebabkan harddisk lambat. adakah program yang memang sedang membaca atau menulis di Harddisk yang mengakibatkan Harddisk menjadi lambat. contoh yang membuat harddisk melambat adalah copy paste film berukuran gatusan GB, Scan Antivirus, Indexing dll.

Iotop

Iotop

7. Iostat – Input / Output Statistics

Tool adalah tool sederhana yang akan memonitor informasi tentang Input dan Output pada Storage. ia akan menampilkan data statistic yang dapat digunakan untuk melakukan penelusuran masalah peforma pada Local Disk dan Remote Disk di Network File System. sehingga kita bisa mengetahui apakah Harddisk yang anda pakai sudah waktunya udzur ataukah masih okey donkey.

Iostat

Iostat

8. IPTraf – Real Time IP Lan Monitoring

tool yang cukup powerfull ini digunakan untuk memonitoring process – process yang ada pada jaringan Local. baik LAN maupun WAN. data – data yang ditangkap melalui jaringan bisa berisi berbagai informasi seperti TCP Flag, detail ICMP, TCP/UDP traffic breakdown, TCP Connection Packet dan Byye Count, selain itu juga informasi seperti statistic TCP, UDP, IP, ICMP, Non-IP, IP Checksum Error, Interface Activity dan lain-lain. penggunaan cukup mudah karena didukung Console Based User Interface.  mungkin nanti akan saya tulis lebih detail khusus untuk Iptraf.

iptraf

iptraf

9. Psacct atau acct – Monitor User Activity.

untuk komputer yang digunakan oleh beberapa user. tool ini sangat membantu anda dalam memonitor semua aktivitas user. kita bisa memonitoring apa saja yang dilkukan oleh user tertentu, seperti kapan dia login, apa yang terjadi, crash , komunikasi dengan printer dll.  mungkin nanti saya juga akan bikin tulisan tentang tool ini.

Psacct atau acct

Psacct atau acct

10. Monit – Linux Process and Services Monitoring.

merupakan Free Open Source Software dan merupakan Aplikasi Web Base yang secara otomatis akan memonitor dan memanajemen System Process, Programs, Files, Directories, Permission, Checksum dan File System. dia akan memonitor service seperti Apache, MySQL, Mail, FTP, ProFTP, Nginx, SSH dan lain -lain. semua status dapat dilihat melalui web based atau menggunakan command line.

Monit

Monit

oke sampai disini dulu ulasanya saya sambung pada Ulasan Selanjutnya , 20 Command Line Tool untuk Para Admin Linux – Part 3. Okey Donkey dan Salam Goblooge.

Comments

total comments